Selasa, 02 Agustus 2011

Masa Depan Babakan Siliwangi


2:54:00 PM |

Siang JEBLOGERS!!!

Masa Depan Babakan Siliwangi
Arief Sujatmoko
 
Puluhan desain Babakan Siliwangi masa depan, yang diperoleh dari sayembara hasil kerja sama beberapa instansi, dipamerkan di Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung, hingga Senin (7/7) mendatang. 

"Pameran ini diharapkan membangun kesadaran masyarakat Bandung dalam menata ruang publik," demikian tertera pada situs web resmi Bandung Inisiatif. Selain itu, sayembara ini pun dilakukan oleh Bandung Inisiatif karena mereka menilai pemerintah lamban dalam mengelola ruang publik atau ruang terbuka hijau.

Babakan Siliwangi merupakan salah satu kawasan lindung ruang terbuka hijau (RTH) di Bandung dengan luas lebih dari 8 hektare. Babakan Siliwangi, yang merupakan satu-satunya RTH di Bandung, telah mengalami beberapa kali pembangunan seiring berkembangnya zaman. Kondisinya kurang tertata, hingga tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Pameran ini adalah salah satu bagian dari rangkaian sayembara oleh komunitas Bandung Inisiatif yang merupakan konsorsium dari berbagai organisasi, seperti Walhi Jawa Barat, Urbane Community, Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), House The House, Museum Braga, Arsitektur Hijau, FIMA Jabar, BICONS, U-Green ITB, dan IALI.

Dalam sayembara ini, Bandung Inisiatif mengundang beberapa juri dari berbagai kalangan--arsitek, seniman, dan akademisi--untuk menilai desain-desain yang telah dipamerkan, Dalam situs resminya, Bandung Inisiatif mengatakan, "Unsur keterlibatan masyarakat dalam perencanaan kota merupakan sesuatu yang harus diakomodasi oleh pemerintah." Sayembara ini merupakan tindakan konkret yang dilakukan oleh masyarakat kota Bandung.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar