Selasa, 02 Agustus 2011

Sistem Pembersih Air Siap Diuji Coba


2:54:00 PM |

Siang JEBLOGERS!!!

Sistem Pembersih Air Siap Diuji Coba
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
 
Sistem biofilm untuk menekan pencemaran air akibat deterjen segera diuji coba. Air yang dibersihkan tidak bersifat berbahaya dan dapat dimanfaatkan kembali, seperti untuk menyiram tanaman.

Uji coba sistem ini akan dilakukan pada beberapa jasa pencucian pakaian di daerah Yogyakarta. "Limbah laundry di Indonesia mayoritas masih dibuang sembarangan. Di Yogyakarta, limbah dibuang ke selokan dan Kali Code," kata Getty Rajasa, salah satu peneliti yang turut sera dalam studi yang ditemui Senin (1/8). Menurut peneliti dari Fakultas Teknobiologi Universitas Atma itu limbah menyebabkan pertumbuhan bakteri patogen seperti E. coli dan Streptococcus pyogeneses. "Berbahaya bagi penduduk," katanya lagi.

Sistem biofilm dipilih Getty karena dapat menumbuhkan mikrobentos. Mikroorganisme ini akan membentuk ikatan senyawa polimer yang dapat menetralkan kondisi lingkungan yang tercemar dan mematikan pertumbuhan bakteri patogen. “Sistem ini banyak diterapkan di Jerman dan terbukti menguntungkan bagi alam sekitar,” jelas Getty. 

Biofilm ini menggunakan Membrane Biofilm Reactor (MBfR), reaktor yang terdiri dari tiga kolom berbentuk kotak kaca yang disusun bertingkat. Kolom pertama berfungsi sebagai penyaring fisik, kolom kedua menyaring materi organik, dan kolom ketiga menjadi pengendap dan pengeluaran air. 

Getty memaparkan, awalnya limbah yang ditampung diangkat diangkat dengan pompa air dan dialirkan ke kolom pertama hingga ketiga. Kurang lebih selama dua jam, kandungan zat berbahaya dalam limbah akan menurun sesuai ambang batas yang ditentukan oleh Badan Standar Nasional. 

Tingkat keberhasilan sistem ini mencapai 95 persen. Air limbah bisa dimanfaatkan kembali untuk menyiram tanaman dan sifatnya tidak berbahaya.  Kondisi tanah dan airnya menjadi lebih baik dan unsur hara pun akan meningkat. “Saya harap penelitian ini bisa ditindaklanjuti dan bisa digunakan oleh semua  jasa pencuci pakaian di Indonesia,” Getty mengutarakan harapannya.
 
ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar