Senin, 26 Oktober 2009

AVI+Clamav: Tangkal Puluhan Ribu Serangan


8:55:00 PM |

Salah satu kelebihan AVI adalah pada keberadaan pengaya (plugin). Berkat fasilitas ini, kemampuan AVI dapat ditingkatkan dengan mudah. Salah satu pengaya terbaru yang dimiliki AVI adalah Clamsav. Ini adalah pengaya yang mengintegrasikan database Clamav ke dalam database AVI. Dengan begitu, AVI kini dapat menangkal puluhan ribu jenis serangan, baik lokal maupun internasional. Salah satu yang membuat sebuah antivirus hebat dalam mendeteksi virus-virus komputer adalah jumlah definisi ancaman yang dimilikinya. Semakin banyak definisi, semakin baik antivirus tersebut dalam menghadang berbagai macam ancaman yang mencoba masuk ke dalam komputer.

AVI merupakan salah satu antivirus lokal yang memiliki jumlah definisi ancaman yang terbatas. Selama ini, database AVI lebih banyak berisi virus-virus lokal. Keterbatasan ini disebabkan karena jumlah virus baru yang dilaporkan pengguna AVI hanya berkisar dari Indonesia saja. Inilah mengapa banyak orang menganggap antivirus lokal hanya ampuh untuk mengatasi virus lokal saja.

Begitu pula sebaliknya, antivirus luar hanya ampuh mengatasi virus luar saja. Berdasarkan fakta tersebut, banyak orang yang akhirnya memasang dua antivirus sekaligus: satu antivirus lokal, satu lagi antivirus luar.

Namun AVI memiliki solusi cerdas untuk mengatasi hal tersebut. Kini AVI memiliki pengaya (plugin) baru yang mengintegrasikan AVI dengan engine antivirus Clamav. Apa itu Clamav? Clamav adalah antivirus yang dikembangkan oleh pengembang dari komunitas open source http://www.clamav.net berlisensi GPL (General Public License). Anda bisa bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Clamav pada situs resminya . Saat ini jumlah definisi ancaman yang dapat dikenali Clamav kurang lebih 49 ribu ancaman yang kebanyakan didominasi oleh virus-virus luar. Nah, dengan menggabungkan database asli AVI dan Clamav, AVI kini mampu mengenali kurang lebih 50 ribu ancaman

Cara Penggunaan Plugin Clamsav

Untuk memanfaatkan pengaya Clamav, ekstraklah file “plugin-clamsav-0.4-avi.zip” ke dalam direktori “plugins” yang dapat Anda temukan pada lokasi di mana AVI terpasang. Misalnya Anda memasang AVI pada direktori “C:\Program Files\AVI” maka ekstraklah ke “C:\Program Files\AVI\plugins”.

File pengaya Clamav ini sendiri bisa Anda dapatkan di sini. Pastikan pengaya sudah berhasil diintegrasikan. Caranya dengan menjalankan AVI, lalu lihat bagian “Plugins”. Apabila Anda melihat ada pengaya baru dengan lambang berbentuk kerang, berarti pengaya Clamav telah berhasil diintegrasikan dengan AVI. Untuk meyakinkan apakah pengaya Clamsav sudah dapat bekerja dengan baik, coba klik ganda pada ikon berbentuk kerang tersebut. Nanti akan muncul jendela berisi informasi mengenai versi pengaya, versi definisi ancaman, jumlah ancaman, dan info kapan terakhir definisi diperbaharui.

Versi Clamsav























Untuk mengetahui apakah jumlah definisi ancaman yang dapat dikenali oleh AVI telah bertambah, Anda bisa melihatnya pada bagian “Signature”. Ketika kami menggunakan definisi per 13 Agustus 2009, jumlah definisi mencapai 64 ribu buah lebih. Setelah pengaya berhasil terpasang, secara otomatis AVI akan mampu mendeteksi virus-virus mancanegara atau virus yang belum dikenali oleh AVI menggunakan engine Clamav. Ancaman yang berhasil dideteksi oleh Clamsav memiliki tanda pada bagian kolom informasi seperti bisa Anda lihat pada gambar di bawah. Anda tetap bisa menonaktifkan pengaya Clamsav agar tidak ikut melakukan scanning dengan cara menghilangkan tanda cek pada jendela Clamsav bagian “Setting” > “Aktifkan plugin”.


Memperbaharui definisi ancaman Clamav


Anda dapat memperbaharui definisi ancaman Clamav dengan cara mengunduh file “daily.cvd” dan “main.cvd” dari situs Clamav. Letakkan ke dua file tersebut pada direktori dimana pengaya Clamsav diletakkan. Perlu diketahui bahwa file “daily.cvd” selalu diperbaharui setiap harinya.

Apabila Anda mengalami kesulitan jangan sungkan untuk melayangkan pertanyaan ke developer.avi@gmail.com Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya .



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar