Senin, 26 Oktober 2009

Spam Kuasai 86 Persen dari Total Email


8:49:00 PM |

Symantec—penyedia layanan keamanan jaringan internet—selama bulan September 2009 melaporkan jumlah rata-rata spam sedikit telah melebihi 86% dari total keseluruhan email. Persentase spam ini telah meningkat sebesar 4,5% dari keseluruhan spam pada poin tertentu. Jumlah tersebut mengalami pembengkakan sembilan kali dari bulan Agustus ke September.

Adapun tipe spam yang mengalami perubahan drastis selama beberapa bulan ke belakang adalah spam internet yang meningkat 3% pada bulan ini, dan rata-rata berada di 32% dari keseluruhan email. Sementara itu, spam keuangan justru menurun 3% dihitung dari 17% keseluruhan email.

Pada bulan September juga, pesan spam dengan ukuran lebih besar dari 10k meningkat 5%. Sementara itu, spam dengan ukuran rata-rata 0-2k turun sebesar 7%. Pesan yang lebih besar mengakibatkan beban yang berarti pada sumberdaya TI, pun dapat memperlambat pengiriman pesan yang sah sampai kepada pengguna yang dituju.

Pada laporan September 2009, subjek line yang digunakan spammer didominasi oleh subjek yang berisi Delivery Status Notification (Failure), Return Mail dan Undelivered Mail Returned to Sender.

Popularitas subyek line ini terkait dengan meningkatnya NDR bounce spam. Meskipun NDR bounce spam terus pada tingkat rata-rata 6.14% dari keseluruhan email pada September 2009, yang berarti naik 0.4% dari Agustus 2009, hal yang signifikan adalah munculnya malware yang terkait dengan subjek line "Notice of Underreported Income" dan "Thank you for setting the order No.475456".

Adapun tren-tren yang menjadi sorotan dalam laporan spam Oktober 2009 di antaranya spam dalam sorotan, kampanye spam liburan yang semakin bervariasi, spammer Rusia yang beroperasi tiga hari dalam seminggu, dan kesempatan berkarir di Spammers.EDU. (Indah PM)




You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar