Senin, 26 Oktober 2009

Makeover Facebook Timbulkan Pro Kontra


8:57:00 PM |

Situs pertemanan terbesar di dunia saat ini, Facebook, telah melakukan makeover pada hari Jumat (23/10) lalu. Alhasil, perubahan itu pun menimbulkan pro kontra dari kalangan pengguna Facebook sendiri. Berikut adalah sisi baik dan sisi buruk akibat perubahan pada halaman Facebook tersebut.

Sisi Baik

Makeover Facebook kali ini membuat wajah Facebook lebih mirip dengan Twitter. Termasuk untuk Live Feed yang berupa update status real time. Pada dasarnya , setiap status yang di-update dari jaringan teman Anda, akan langsung ditampilkan tanpa adanya filterisasi.

News Feed Facebook yang baru ini tidak akan menampilkan setiap status dari teman yang di-update. Namun News Feed ini menggunakan algoritma pintar untuk menampilkan posting dan update status yang paling disukai oleh pengguna (paling banyak dikomentari dan memiliki interaksi terbanyak dengan jaringan teman si pengguna). "Perubahan ini justru akan membuat Facebook lebih berguna karena pengguna hanya akan melihat item yang penting dan paling banyak dikomentari atau "disentuh" setiap saat," kata Robert Scoble (Technology Evangelist and Social Networking) melalui PCWorld.

Scoble juga menambahkan bahwa perubahan tersebut akan menggabungkan feature Highlight kembali ke News Feed, sehingga memudahkan box Event di panel sebelah kanan untuk bergeser ke posisi yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Sisi Buruk

Saat pengguna melihat tampilan News Feed, akan tampak "gelembung" yang semakin membesar terkait dengan semakin banyaknya jumlah posting-an yang ada di Live Feed. Salah satu masalah dari pembaruan ini adalah pengguna harus melakukan "refresh" manual demi melihat posting terbaru. Yang menjadi masalah lagi adalah posting yang sudah dilihat oleh pengguna akan teracak kembali dan pengguna harus menemukan sendiri apa yang sedang dicari. Di sinilah tantangan bagi Facebook. Situs jejaring raksasa tersebut harus mampu memberikan update status tanpa si pengguna harus melakukan "refresh" manual.

Meski dengan home page baru ini, Facebook lebih mirip dengan Twitter, namun hal tersebut tidak sepenuhnya sama. Pasalnya, Twitter tidak memiliki komentar sehingga penggunanya tidak dapat melakukan percakapan real time seperti pada Facebook maupun FriendFeed.

Feedback Pengguna

Dari sekitar 300 juta pengguna Facebook, separuh dari jumlah tersebut menyatakan keengganannya atas perubahan ini. Mereka bahkan telah bergabung dengan komunitas CHANGE FACEBOOK BACK TO NORMAL!! Sebagai tanda menolak makeover Facebook.



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar