Kabarancak COMEBACK

Hi JEBLOGERS!!! kabarancak hadir lagi ditahun 2012

Desain Kamar Keren

Siapa yang tidak akan tergoda dengan desain kamar yang apik seperti berikut...

Senin, 31 Januari 2011

Jubah Tembus Pandang Akan Segera Terwujud

Posted On 2:17:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Siang JEBLOGERS!!!

Jubah tembus pandang, seperti yang dipakai Harry Potter, sebentar lagi jadi kenyataan. Jubah baru ini bisa membuat objek yang ditutupinya tak terlihat oleh mata.

Jubah dibuat dari dua potong kristal kalsit, mineral berwarna putih atau tak berwarna yang biasa terdapat dalam batu gamping. Kedua potong kristal tersebut ditempel dengan aturan tertentu.

Kalsit sangat bersifat anisotropik, sifat yang membuat cahaya yang datang akan diteruskan ke sudut yang berbeda dari cahaya yang masuk dari sisi lain. Dengan menggunakan dua kalsit, para peneliti dapat membelokkan cahaya di sekitar objek padat yang diletakkan di antara kristal.

Di dalam kedua kristal kasit itu ada celah berbentuk segitiga siku-siku. "Apa pun yang Anda letakkan di bawah celah ini tak akan tampak dari luar," kata George Barbastathis dari MIT.

Jubah buatan Massachusetts Institute of Technology dan SMART Centre dari Singapura ini tidak seperti jubah-jubah serupa yang pernah dikembangkan. Jubah-jubah lama hanya dapat membuat benda-benda menghilang di bawah sinar dengan panjang gelombang yang tak tampak oleh manusia. Jubah lain hanya dapat menghilangkan benda-benda mikroskopis. Jubah baru ini dapat bekerja dengan cahaya yang terlihat oleh mata manusia dan dapat menyembunyikan objek yang cukup besar.

Jubah tembus pandang ini masih punya kekurangan. Salah satu contohnya adalah hanya bekerja maksimal di bawah cahaya hijau. Para peneliti sengaja mendesain dengan warna hijau karena, selain kalsit hanya bisa dikonfigurasi pada gelombang cahaya tertentu saja, mata manusia sangat sensitif terhadap warna hijau. Demikian jelas Barbastathis.

Selain itu, efek menghilang ini hanya tampak jelas dari sudut tertentu. Jika dilihat dari sudut berbeda, objek akan tampak kembali.

Meskipun demikian Barbastathis merasa percaya diri kalau timnya atau peneliti lain akan membuat jubah yang lebih baik dalam waktu dekat.

Ia juga yakin kalau jubah seperti ini akan punya penggunaan. "Di Boston ada banyak persimpangan jalan dengan sudut yang tajam. Saat melihat lampu lalu lintas, mungkin Anda akan bingung apakah lampu itu untuk jalan Anda atau jalan lain. Dengan jubah ini, kita bisa sembunyikan lampu lalu lintas yang lain sehingga pengendara tidak bingung," jelas Barbastathis.

ref:NGI


Girl, Harimau Pertama dengan Panggul Tiruan

Posted On 2:13:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Siang JEBLOGERS!!!

Untuk pertama kalinya, harimau dipasangi panggul tiruan yang terbuat dari logam titanium.

Girl, seekor harimau Malaya (Panthera tigris jacksoni) dari kebun binatang Halle, Jerman, menerima panggul tiruan ebab mengalami masalah serius pada sendi panggul kanan selama hampir setahun.

Harimau betina itu menerima panggul tiruan lewat sebuah operasi yang berlangsung selama 3 jam. Selama dioperasi, jantung Girl hampir saja berhenti berdetak. Namun berkat ahli anestesi Michaele Alef, situasi tersebut berhasil diatasi. Selain Alef, tim operasi terdiri dari Peter Boetcher dan Aldo Velzonni yang bekerja sama dengan Universitas Leipzig.

Setelah operasi, Girl dikembalikan ke kebun binatang Halle dan menjalani pemulihan.

Harimau malaya adalah salah satu jenis hewan yang terancam punah--hanya sekitar 500 ekor saja yang diprediksikan masih hidup di dunia. "Inilah alasan utama kami mengoperasi Girl," ungkap salah satu tim dari Universitas Leipzig.

Panggul artifisial pertama kali dikembangkan oleh Professor Pierre Montavon dari Universitas Zurich dan Kyon, sebuah firma asal Swiss. Panggul artifisial terbuat dari logam titanium yang kuat dan awet. Panggul tiruan sudah pernah digunakan untuk mengatasi masalah pada masalah tulang panggul manusia telah diaplikasikan pada beberapa hewan seperti anjing.

ref:NGI


Anjing "Bernyanyi" Spesies Langka Asli Papua Nugini

Posted On 2:09:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Siang JEBLOGERS!!!


Sesuai dengan namanya yang kalau diterjemahkan berarti Anjing Bernyanyi dari Nugini, keunikan ras ini memang dari kemampuannya mengeluarkan suara lengkingan seperti serigala. Banyak asumsi yang menyimpulkan bahwa nyanyian ini adalah sifat bawaan mereka karena mereka termasuk ras anjing primitif yang kekerabatannya masih dekat dengan serigala dan anjing liar australia (dingo).



Habitat aslinya adalah hutan-hutan di pulau Papua dengan pegunungan di ketinggian diatas 180 meter dan hidup di dataran hutan yang terjal. Habitat ini memungkinkan anjing ini menjadi lincah, lentur dan membuatnya mampu memanjat pohon layaknya seekor kucing. Sayangnya, ras langka ini diperkirakan hanya tinggal 100 ekor yang tersisa di konservasi.


Dunhill Biometric Wallet: dompet berkelas dan aman dengan pembaca sidik jari

Posted On 2:08:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Siang JEBLOGERS!!!

Satu lagi nih dompet dengan sidik jari selain iWallet untuk menghindari uang anda diambil oleh orang lain.

Dunhill Biometric Wallet dilengkapi dengan pembaca sidik jari di bagian depan sehingga untuk membukanya anda membutuhkan sidik jari anda.


Bahan bagian luarnya terbuat dari bahan carbon fiber yang terkenal cukup kuat sehingga agak sulit untuk membuka dengan paksa dompet yang satu ini.

Sama seperti iWallet, Dunhill Biometric Wallet juga punya Bluetooth untuk dipairing dengan ponsel sehingga bila dompet atau ponsel (salah satu) anda dicopet maka lewat dari 5 m alaram akan berbunyi.

Buatan Dunhill ini juga menggunakan bahan kulit berkualitas untuk menambah kesan yang semakin mahal. Alhasil Dunhill Biometric Wallet dijual dengan harga US$ 825 (sekitar Rp. 8 jutaan).


Minggu, 30 Januari 2011

Proyek Edan, Mengubah Padang Gurun Sahara Jadi Hutan

Posted On 5:22:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Sore JEBLOGERS!!!


Pada tahun 2008, sebuah proposal Sahara Forest Project, sebuah solusi berkesinambungan luar biasa bagi kelangkaan sumber daya yang akan mengubah padanggurun Sahara menjadi sumber makanan, air, dan energi. Jika para mania tekno mengira gagasan ini terlalu muluk untuk diwujudkan, pikirkanlah sekali lagi. Norwegia dan Yordania baru-baru ini menanda tangani kesepakatan untuk pengembangan sistem perintis Sahara Forest Project di sejengkal lahan di kawasan pantai di Yordania. Kelompok ini juga akan melakukan sejumlah penelitian di Yordania, dengan dukungan finansial dari otoritas Norwegia.
Lokasi ujicoba yang dipilih adalah lahan seluas 200 ribu meter persegi di Aqaba, sebuah kota pesisir di selatan Yordania, dekat dengan pantai Laut Merah. Perjanjian ini juga mengamankan sebuah lahan tambahan seluas 2 juta meter persegi untuk ekspansi berikutnya. Sahara Forest Project menggabungkan Concentrated Solar Power (CSP) dan rumah kaca air laut untuk menyediakan energi terbaharui dan solusi agrikultural berkesinambungan dalam jumlah besar, pada dasarnya mengubah salah satu lingkungan paling tidak ramah menjadi oasis yang subur.
Rumah kaca air laut menggunakan tenaga surya untuk mengubah air laut menjadi air segar yang kemudian digunakan untuk menyirami sayuran dan ganggang segar (untuk menyerap CO2). CSP menyediakan energi untuk menghidupkan seluruh operasi. CSP menggunakan ribuan cermin untuk mengarahkan cahaya matahari ke sebuah pemanas air, memanaskannya sampai suhu 1000 Fahrenheit lebih. Pemanas ini memproduksi uap, yang menggerakkan sebuah turbin untuk menciptakan energi.
Sahara Forest Project diciptakan oleh arsitek biomimikri Michael Pawlyn, desainer rumah kaca air laut Charlie Paton, dan insinyur struktur Bill Watts. Pada tahun 2009, trio ini bergabung dengan Bellona, sebuah NGO lingkungan internasional yang berbasis di Norwegia, dan mempresentasikan proposal mereka di COP15 pada bulan Desember 2009. Umpan balik positif membawa lebih banyak presentasi, termasuk satu presentasi di Oslo Juni tahun lalu, dihadiri oleh Yang Mulia Raja Abdullah II dari Yordania. Raja begitu terkesan dengan proyek ini sampai dia mengundang tim SFP ke Yordania pada bulan Oktober untuk mendiskusikan studi kelayakan yang membuka pintu untuk kesepakatan ini.
Tim SFP akan melakukan penelitian mendalam tahun ini dan mengembangkan sebuah pusat demonstrasi pada tahun 2012. Pengembangan komersil mungkin akan dimulai pada tahun 2015. Menurut tim ini, fasilitas-fasilitas seperti di Aqaba memiliki potensi yang besar yang menguntungkan lingkungan. Mereka bisa mengurangi masalah kekurangan makanan dan air, menghasilkan biofuel tanpa bersaing dengan produksi pangan, dan berkontribusi untuk usaha penghijauan di area-area padang gurun. Ditambah produksi tumbuh-tumbuhan akan menyerap karbon dioksida dan mengurangi konsentrasi CO2 di atmosfir.



ref:MT


Wow! China Bikin Kota Terbesar Dunia

Posted On 3:17:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Sore JEBLOGERS!!!


China berencana mengintegrasikan sembilan kota guna menciptakan kota metropolis terbesar dunia yang berpopulasi 42 juta jiwa. Wow!

Proyek ‘Turn The Pearl River Delta Into One’ itu akan meliputi wilayah perkotaan seluas 25.749 km persegi. Area itu akan manaungi sebagian besar pusat utama industri China seperti Guangzhou, Shenzhen, Foshan, Dongguan, Zhongshan, Zhuhai, Jiangmenm, Huizhou dan Zhaoqing.

Sembilan kota ini menyumbang 10% perekonomian negara. Sekitar 150 transportasi utama, energi, air dan jaringan telekomunikasi akan bergabung enam tahun ke depan.

“Idenya, ketika kota-kota terintegrasi warga dapat bepergian di sekitarnya dengan bebas,” kata perencana utama Guangdong Rural and Urban Planning Institute, Ma Xiangming.

Polusi Pearl River Delta menjadi isu kunci industrialisasi yang akan ditangani melalui kebijakan bersatu. Harga bensin dan listrik akan dibakukan pula.

British Chamber of Commerce meramalkan US$ 1,08 triliun (Rp9 kuantiliun) akan disuntikkan ke dalam pengembangan perkotaan selama lima tahun ke depan itu.

Hal tersebut bersamaan dengan US$ 473 juta (Rp 4,2 triliun) suntikan untuk rel kereta api peluru dan US$ 110 juta (Rp 991 miliar) untuk transportasi kota tambahan.


LUMIX GF2, Kamera Interchangeable Lens yang Mempesona

Posted On 3:16:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Sore JEBLOGERS!!!


Panasonic baru saja meluncurkan kamera interchangeable lens terkecil dan teringan, Lumix DMC GF2.

Lumix DMC GF2 merupakan salah satu dari rangkaian produk system camera LUMIX G Series yang mengadaptasi teknologi lensa berbasis micro-four-thrid yang memukau.

Meskipun memiliki body yang kecil dan ringan, namun Panasonic menyematkan rangkaian teknologi handal ke dalam kameranya ini.

Apa saja yang menjadi keunggulan kamera generasi kedua seri Lumix DMC GF ini? Tim CHIP.co.id akan sedikit memaparkannya:

Kamera Sistem dengan Lensa yang Dapat Diganti



Keunggulan kamera pocket Interchangeable lens adalah keleluasaan Anda untuk menganti berbagai macam lensa sesuai dengan keperluan memotret Anda.

Panasonic tidak hanya memberikan dua lensa tambahan untuk memenuhi selera seni fotografi Anda. Karena, di LUMIX GF2 ini Anda dapat menemukan serangkaian lensa yang sangat menarik, untuk di jadikan sahabat sejati kamera Anda.

Selain itu, GF2 juga melengkapi kameranya dengan standard micro four thirds, sesuai dengan penggunaan opsional mount adapter DMW-MA1 atau lensa bergengsi Leica M/R, memungkinkan Anda untuk mengeksploarsi tanpa batas kamera dengan beragam tipe lensa.

Namun yang membuatnya lebih atraktif adalah kelengkapan teknologi Dust Reduction System yang dapat menghalau debu atau benda asing masuk ke dalam kamera saat Anda mengganti lensa.

Dilengkapi dengan Layar Sentuh Intuitif



Satu hal yang membedakan antara kamera LUMIX GF2 ini dengan seri kamera Lumix pendahulunya, yakni kemudahaan pengoprasian layar sentuh intuitif, dan graphic user interface yang memudahkan Anda menentukan titik focus obyek foto hanya dengan satu sentuhan saja.

Fitur layar sentuh ini selain digunakan untuk mengaktifkan tombol shutter, mengakses menu, mengontrol fokus, ternyata juga dapat dipergunakan untuk memutar ulang gambar video dan foto.

Kualitas Merekam Gambar dalam Format 1920x1080 AVCHD Full HD Movie



Kamera LUMIX GF2 tidak hanya berupa alat fotografi canggih saja, tetapi Panasonic juga menambahkan kemampuan merekam film Full-HD 1920x1080 beresolusi tinggi di 60i (NTSC) / 50i (PAL), atau film dalam format HD 1280 x 720 di 60p (NSTC) / 50p (PAL) di AVCHD (MPEG-4 / H.264).

Bagi Anda yang pemula, kamera ini pun mampu merekam film berkualitas sangat baik, karena terdapat optical image stabilizer (OIS) yang membantu mencegah handshake saat pengambilan gambar.

Terdapat pula fitur face detection secara otomatis mendeteksi wajah dalam frame dan menyesuaikan fokus, eksposure, kontras, dan warna kulit, sehingga gambar Anda pun menjadi nyata dan indah.

Merangsang Kreatifitas dalam Fotografi



DMC-GF2 merupakan sebuah karya seni yang tidak hanya dalam bentuk, tetapi juga dalam fitur-fitur di dalam kameranya juga berkemampuan tinggi.

Dilengkapi dengan fitur my color mode, kamera ini menawarkan 8 pilihan warna berdaya seni tinggi, yakni ekspresif, retro, murni, elegant, cinema, monokrom, dinamis, shilhouette, dan mode costum yang memungkinkan pengguna secara manual mengatur pilihan warna, kecerahan, saturasi dan kontras.

Spesifikasi:

* Body Material : Metal
* File Formats : RAW, RAW + JPEG Standard, RAW + JPEG Fine, JPEG (EXIF 2.2) - Standard, JPEG (EXIF 2.2) - Fine, MPO+Fine (with 3D lens), MPO+Standard (with 3D lens)
* Dimensions : 113 x 68 x 33 mm / 4.44 x 2.67 x 1.29 in
* Power : ID-Security Li-ion Battery Pack (7.2V, 1010mAh), Supplied charger / AC adapter
* Connectivity : USB 2.0 (High Speed), Video Out (NTSC / PAL), HDMI
* Playback Functions : Normal playback, 30-thumbnail display, 12-thumbnail display, Calendar display, Zoomed playback (16x Max.), Slideshow (duration & effect is selectable), Playback Mode (Normal/Picture/AVCHD/Motion JPEG/3D Play/Category/Favorite), Title Edit, Text Stamp, Video Divide, Resize, Cropping, Aspect Conversion, Rotate, Rotate Display, Favorite, Protect, Face Recognition Edit
* Live View Finder : DMW-LVF1
* External Flash : DMW-FL220 (GN22) / DMW-FL360 (GN36) / DMW-FL500 (GN50)
* Mount Adaptor : DMW-MA1, DMW-MA2M, DMW-MA3R
* HDMI mini cable : RP-CDHM15, RP-CDHM30
* Fish Eye Lens : 8mm / F3.5 ASPH-H-F008
* Pancake Lens
* Wide Angle Lens : 7-14 mm / F4.0 ASPH-H-F007014
* Macro Lens : 45 mm / F2.2 ASPH-H-ES045
* Standard Zoom Lens
* Hi-Zoom Lens
* 3D Lens


Nyamuk Steril Untuk Perangi Demam Berdarah

Posted On 3:13:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Sore JEBLOGERS!!!


Pemerintah Malaysia bagian pengelola Institut Riset Kedokteran memberikan pernyataan bahwa mereka telah melepaskan sekitar 6.000 nyamuk jantan aedes aegypti yang sudah disterilkan  ke area hutan alam di Malaysia Timur, pada akhir tahun lalu. Tujuannya adalah untuk mengendalikan penyakit demam berdarah dengue (DBD)

Nyamuk-nyamuk itu sebelumnya sudah mengalami rekayasa gen di laboratorium. Nyamuk jantan steril diharapkan mengawini nyamuk-nyamuk betina dan menghasilkan keturunan yang juga steril atau berumur pendek.


Pengujian yang sama pernah dilakukan di Cayman Islands, Inggris, tahun lalu. Nyamuk-nyamuk dengan gen modifikasi itu dilepaskan ke daerah seluas 16 hektare dan setelah bertahun-tahun melalui riset laboratorium yang disertai penghitungan hipotesis, peneliti mendapati penurunan drastis jumlah populasi nyamuk di wilayah itu.

Cara ini sempat menuai kritik dari beberapa orang pemerhati lingkungan di Malaysia juga, tetapi pihak pemerintah berkilah. Mereka menepis kekhawatiran akan kemungkinan serangga yang membawa gen baru hasil rekayasa tersebut dapat merusak keseimbangan ekosistem.

Menurut pemerintah, mereka telah memikirkan pula risiko ke arah sana. Dan untuk meminimalkan risiko itu, mereka mengatur uji coba dalam skala kecil jauh sebelum mengadakan penyebaran besar-besaran.

ref:NGI


Tikus di Galapagos diburu

Posted On 3:10:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Sore JEBLOGERS!!!


Tikus-tikus di Pulau Galapagos akan diburu demi kelangsungan hidup satwa lain juga tanaman khas Galapagos. 

Tikus dianggap menjadi ancaman besar bagi kelangsungan hidup burung, kura-kura, iguana, dan tanaman-tanaman asli di pulau yang flora dan faunanya sempat dipelajari Darwin saat mengembangkan teori evolusi ini. Saat ini, serangan tikus mulai terasa invasif. Padahal binatang pengerat ini bukan berasal asli dari pulau sehingga ide untuk membasminya dianggap tidak membahayakan kehidupan hewan-hewan lainnya.

"Invasi tikus menempatkan petrel (burung laut) dalam risiko yang kepunahan yang serius, petrel adalah jenis burung langka di dunia dan hanya120 ekor tersisa," ungkap Victor Carrion, sang manajer proyek. Selain petrel, Carrion pun menyebut berbagai spesies kura-kura besar, iguana, serta sejumlah tanaman lainnya, yang terancam musnah oleh eksistensi tikus di Galapagos.

Proyek resmi ini akan dijalankan oleh Taman Nasional Galapagos dengan dukungan dari Yayasan Charles Darwin, Konservasi Pulau, dan Pusat Konservasi Kehidupan Liar dari University of Minnesota. Pulau Galapagos sendiri termasuk salah satu tempat yang dilindungi dalam UNESCO Natural Heritage sejak 1987.


ref:NGI


Jumat, 28 Januari 2011

5 Antivirus Karya Anak Indonesia

Posted On 8:44:00 PM by Ujibour 2 cuapan

Malam JEBLOGERS!!!

Banyak antivirus yang telah dipasarkan di Indonesia. Mungkin JEBLOGERS sudah banyak yang tau. Namun ternyata bangsa Indonesia juga mampu menghasilkan antivirus sendiri. Apa sajakah itu? Yuk mari kita cek...

1. PCMAV
PCMAV (PCMedia AntiVirus) adalah perangkat lunak antivirus buatan PCMedia, sebuah majalah komputer Indonesia. Selain menggunakan mesin antivirusnya sendiri, PCMAV juga dapat dipasangkan dengan mesin ClamAV sebagai tambahan sehingga dapat mendeteksi lebih dari 200.000 virus komputer. PCMAV juga dilengkapi dengan beberapa teknologi mutakhir, seperti ActiveCheck, DeepClean, SmartUnhide, dan GeneticHeuristic.
2. SMADAV
SMADAV adalah Antivirus Lokal Indonesia yang memfokuskan proteksi dan pembersihan tuntas untuk virus-virus lokal yang menyebarluas di Indonesia. SMADAV mulai diluncurkan pada bulan Maret 2007 dan mulai booming pada awal bulan tahun 2009. Smadav dapat digabungkan dengan Antivirus lain manapun sehingga Smadav dapat menjadi lapisan pertahanan kedua dan bekerjasama dengan Antivirus tersebut. Ini berbeda dengan antivirus lainnya yang sebagian besar tidak dapat berjalan sempurna ketika ada antivirus yang sudah terinstall di komputer tersebut.
3. ANSAV
ANSAV adalah sebuah antivirus buatan putra bangsa yang cukup dapat diandalkan kualitasnya. Antivirus ini mulai dipopulerkan sejak bulan Oktober 2006.Ansav mampu mendeteksi berbagai virus lokal yang mungkin tidak dapat terdeteksi oleh berbagai anti virus buatan luar negeri.
4. AVI
AVI (AntiVirus InfoKomputer) merupakan salah satu antivirus lokal yang memiliki jumlah definisi ancaman yang terbatas. Selama ini, database AVI lebih banyak berisi virus-virus lokal. Keterbatasan ini disebabkan karena jumlah virus baru yang dilaporkan pengguna AVI hanya berkisar dari Indonesia saja. Inilah mengapa banyak orang menganggap antivirus lokal hanya ampuh untuk mengatasi virus lokal saja.
5. AVIGEN
AVIGEN Antivirus merupakan antivirus buatan Indonesia yang mempunyai website di www.vibi-bego.com kelebihan dari antivirus ini adalah bisa mencari file-file yang sudah terinfeksi virus seperti worm, hacktool, exploit script, serta trojan horse. Fasilitas yang terdapat pada AVIGEN adalah registry tweak, scan running proses, process viewer, scan autorun location dan masih banyak lagi. Selain itu Antivirus ini juga sudah mendapatkan sertifikat 100% clean dari softpedia.com


UFO Tertangkap Radar Militer Argentina

Posted On 11:51:00 AM by Ujibour 1 cuapan

Siang JEBLOGERS!!!

Buenos Aires - Angkatan Udara Argentina menerima laporan soal penampakan unidentified flying objects (UFO) di langit Argentina. Sejumlah pilot dikabarkan melihat penampakan ini, bahkan radar Angkatan Udara Argentina juga mendeteksi UFO tersebut.


Beberapa media lokal juga melaporkan menerima banyak foto penampakan UFO ini. Namun mereka ragu, apakah itu foto asli atau tipuan kamera.

Untuk membuat lebih terang, Angkatan Udara memutuskan membentuk komisi khusus untuk menyelidiki fenomena UFO ini. 'Saat ini masih dalam proses pembentukan,' kata Kapten Mariano Mohaupt.

Mariano mengatakan Angkatan Udara mencatat banyak laporan soal penampakan UFO ini. Namun data ini masih diolah oleh beberapa ahli, seperti ahli meteor, pilot sipil dan pengawas udara.

Sebelumnya, beberapa negara di Amerika Selatan juga mengklaim UFO tampak di negara mereka. Negara tersebut di antaranya Brasil dan Uruguay.

Pemerintah Argentina meminta tentara dan piliot sipil untuk melapor bila melihat UFO, jika memungkinkan memotret dan mengirimkannya ke Angkatan Udara Argentina.

Pada pertengahan Desember lalu, militer Selandia Baru kemarin merilis ratusan laporan rahasia soal penampakan yang diklaim sebagai obyek terbang tak dikenal (UFO) dan perjumpaan dengan alien. Dokumen bertanggal 1954 hingga 2009 itu dirilis di bawah hukum keterbukaan informasi setelah Departemen Pertahanan Selandia Baru menghapus materi nama-nama dan identitas lainnya.

Dalam dokumen setebal 2.000 halaman, masyarakat, personel militer, dan pilot-pilot komersial mengaku berjumpa dengan makhluk luar angkasa, mayoritas melibatkan sinar-sinar yang bergerak di langit.


Ingin Tahu Sejarah Domino?

Posted On 11:49:00 AM by Ujibour 0 cuapan

Siang JEBLOGERS!!!
Permainan Tile telah ditemukan di Cina pada awal 1120 Masehi. Beberapa catatan sejarah telah menelusuri bukti adanya potongan-potongan,jalan kembali ke prajurit-pahlawan yang bernama Hung Ming (181-234 M). Sejarawan lain percaya bahwa Keung T’ai Kung, pada abad kedua belas SM telah menciptakan mereka.Yang Chu sz ubi (Penyelidikan pada hadis All Things) menyatakan bahwa domino diciptakan oleh seorang negarawan di 1120 Masehi. Orang ini dikatakan telah memberi mereka kepada Kaisar Hui Tsung, dan bahwa mereka beredar di luar negeri oleh perintah kekaisaran pada masa pemerintahan putra Hui, Kao-Tsung (1127-1163 M). Penafsir lain mengatakan bahwa dokumen ini mengacu pada standardisasi dan bukan penemuan permainan itu sendiri.

Michael Dummett menulis pendek di bagian sejarah dari “Game of Tarot” (halaman 35) berpacaran dengan pengenalan domino di Eropa ke Italia, mungkin di Venesia dan Naples, di abad 18. Walaupun ubin domino jelas dari cina warisan, ada perdebatan apakah mengatur ubin Eropa berasal dari Cina ke Eropa pada abad keempat belas atau diciptakan secara independen.
Domino tunggal ditemukan dengan Mary Rose rongsokan (awal abad 16-Mei), tetapi nampaknya telah menemukan jalannya ada banyak kemudian. Secara keseluruhan, ada begitu banyak bukti untuk permainan di abad 16 dan abad 17 bahwa jika domino ada mereka tidak akan lolos dari catatan.
Domino Eropa adalah empat persegi panjang yang dua kali lebih lama karena mereka lebar. Ada satu ubin untuk setiap kombinasi dari wajah sepasang dadu; yang kosong sesuai adalah melemparkan satu mati, dengan total dua puluh delapan ubin di enam Double standar ditetapkan. Set lain dengan jumlah yang lebih besar ubin diciptakan kemudian, dengan sembilan ganda dan ganda dua belas set menjadi ekstensi yang paling umum.
Kata “domino” yang paling mungkin berasal dari bahasa Latin, Dominus (mis. tuan rumah). Para penyeru, Domine, menjadi pendeta Skotlandia dan Inggris (mis. sekolah). Datif atau ablatif, domino, menjadi Perancis dan kemudian Inggris domino. Kata ini pertama dirujuk ke jenis monastik tudung, lalu ke menyamar berkerudung kostum dengan topeng kecil, lalu ke topeng itu sendiri, dan akhirnya ke salah satu potongan di set domino, yaitu [1-1] ubin.
Permainan pindah dari Italia ke Prancis pada awal abad 18 dan menjadi mode. Pada akhir abad ke-18, Perancis juga memproduksi domino teka-teki. Teka-teki itu dari dua jenis. Pertama, Anda diberi pola dan diminta untuk memasang ubin di atasnya sedemikian rupa sehingga berakhir cocok. Pada jenis kedua, Anda diberi pola dan diminta untuk memasang ubin didasarkan pada sifat aritmatika pips, biasanya total garis ubin dan ubin setengah-setengah. Buku KREATIF PUZZLES OF THE WORLD oleh van Delft dan Botermans (Abrams, New York, ISBN 0-8109-0765-8 (hardcover) atau ISBN 0-8109-2152-9 (softcover); 1978) telah reproduksi antik Prancis teka-teki gambar yang dirakit oleh domino mencocokkan ubin pada bagian bawah gambar kuadrat dari periode ini.
Permainan tiba di Britania Raya pada akhir abad 18 dari Perancis (mungkin melalui tahanan perang Perancis) dan cepat tampaknya telah menjadi populer di penginapan dan bar pada saat itu.
Kata “Domino” adalah bahasa Perancis untuk hitam dan kerudung putih yang dikenakan oleh para pendeta Kristen di musim dingin yang mungkin di mana nama permainan ini berasal dari. Permainan domino dimainkan di seluruh dunia, tetapi mereka yang paling populer di Amerika Latin.
Inuits (Eskimo, untuk menggunakan istilah tua dan tidak tepat, karena ini penduduk asli Amerika Utara) memainkan game dengan ubin yang terbuat dari tulang yang sangat mirip dengan Dominoes Barat. Permainan ini mungkin meniru permainan Barat daripada penemuan asli.
Banyak permainan domino yang kita kaitkan dengan sangat modern. Permainan blok tampaknya menjadi tertua permainan Eropa. Tetapi orang bodoh berasal dari awal abad ke-20. Banyak permainan ini diciptakan dalam beberapa dekade terakhir.


Nisan - Nisan yang Berkisah

Posted On 8:01:00 AM by Ujibour 0 cuapan

Pagi JEBLOGERS!!!

1. Kuda melompat ke kanan: Kehidupan sudah pergi meninggalkan raganya, jiwa sudah bebas menuju ke surga
2. Helm perang berterali: Bangsawan
3. Kalung salib: Kristiani
4. Baju zirah: Kesatria
5. Perisai berpembatas garis tanda salib: Kesatria kristiani
6. Kuda melompat ke kanan (dalam perisai): Kehidupan sudah pergi meninggalkan raganya, jiwa sudah bebas menuju ke surga
7. Pohon (dalam perisai): Kedamaian dan abadi
8. Daun akantus: Hidup abadi
9. Simpul tali: Ikatan abadi, kesempurnaan

“Karena ketidaktenangan, beristirahatlah di bawah ini yang mengagumkan kebajikan dan ketekunannya, Yang Mulia Tuan Michiel Westpalm dari Ameland. Anggota Dewan Tertinggi dan Direktur Jenderal Hindia-Belanda. Wafat di Batavia 24 Agustus 1734 dalam usia 50 tahun, 11 bulan, dan 26 hari”. 

Nisan di atas adalah salah satu nisan zaman VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) milik Michiel Westpalm dari Ameland. Nisan-nisan zaman VOC  tak membisu dalam beku. Mereka menjadi arsip kehidupan masa lalu. 

Nisan zaman VOC di Batavia--kini Jakarta--umumnya terbuat dari batu gunung biru atau batu pantai keras asal Coromandel, India Selatan. Nisan berbentuk persegi panjang berukuran 2,2 meter x 1 meter. 

Liliek Soeratminto, dosen FIB UI, melalui kajian semiotika dan analisis teks telah memecahkan kode-kode sosiohistoris di balik indahnya ukiran teks dan lambang ikonis nisan VOC. Ukiran teks menunjukkan struktur sosial masyarakat Batavia abad ke-17 dan ke-18 yang mengikuti hierarki kedudukan dalam VOC. Sedangkan ukiran lambang ikonis menyiratkan kebangsawanan keluarga, kepercayaan, sekaligus melukiskan hubungan antara komunitas Kristen di Batavia dengan leluhurnya di Eropa.
 
Masyarakat berstatus sosial tinggi biasanya menggunakan lebih banyak lambang ikonis dibandingkan teks. Juga, hanya mereka yang berjabatan tinggi dan berjasa bagi gereja yang berkesempatan dimakamkan di lantai kebaktian.

ref:NGI


Kamis, 27 Januari 2011

Masuk Situs Greenwich tak lagi gratis

Posted On 11:36:00 AM by Ujibour 0 cuapan

Siang JEBLOGERS!!!

Siapkan uang lebih ketika berwisata ke Greenwich. Pengelola di sana memungut biaya masuk sebesar 10 pound, sekitar Rp 150.000, mulai Maret nanti. Mereka mengaku butuh biaya besar untuk perawatan.

Pihak berwenang dari situs yang merupakan bagian dari Museum Maritim Nasional ini telah mengumumkan rencana penerapan biaya masuk ini sejak 2008. Ketentuan ini akan mulai berlaku pada 8 Maret dengan tiket yang berlaku hingga satu tahun. Meskipun demikian, anak-anak tetap bebas biaya masuk. Selain itu, pusat observasi astronomi dan beberapa galeri lainnya akan tetap digratiskan.

Sejak 2001, wisatawan tidak dipungut biaya jika ingin berada di garis tempat penanggalan internasional ditetapkan ini. Namun dengan alasan butuh biaya besar untuk perawatan, mereka menetapkan biaya masuk. 

Data menunjukkan hampir 1,6 juta wisatawan mengunjungi situs yang merupakan salah satu warisan dunia ini. Dengan mengunjungi lokasi garis bujur nol derajat, para wisatawan dapat meletakkan kakinya di dua belahan bumi, barat dan timur.

Basis kalkulasi waktu internasional atau Greenwich Mean Time (GMT) ditentukan dari garis ini. Greenwich Meridian line yang juga dikenal dengan sebutan Prime Meridian line dibangun pada masa Raja Charles II pada 1675. Awalnya, lokasi observatorium ini dibangun dengan tujuan meningkatkan kemampuan navigasi Inggis dan mencari cara penentuan pasti belahan bumi barat dan timur. 

Pada 1884, Greenwich Meridian kemudian disepakati sebagai Prime Meridian yang menjadi patokan waktu dan penanggalan internasional. Sebelumnya, tidak ada sistem waktu dan penanggalan yang disepakati. Semua negara memiliki waktu lokal masing-masing.

Sebanyak 41 delegasi dari 25 negara bertemu di Washington DC dalam Konferensi Meridian Internasional. Greenwich kemudian mendapat 22 suara yang mendukungnya menjadi garis bujur nol derajat, satu suara menolak dari San Domingo, dan dua suara abstain dari Prancis dan Brazil.

ref:NGI


Rumah Apung Unik

Posted On 10:42:00 AM by Ujibour 0 cuapan

Pagi JEBLOGERS!!!

Wah ada yang unik lagi nih yang mau Ujib share! Ada sebuah rumah unik yang terletak di danau Huron di Kanada. Yuk mari di intip...!!!







ref:toxel


Selasa, 25 Januari 2011

7 Fakta Menarik Yang Tidak Anda Ketahui Tentang Apple Inc

Posted On 11:29:00 PM by Ujibour 1 cuapan

Malam JEBLOGERS!!!


1. Logo pertama Apple

Hampir semua penggemar apple tau bahwa logo apple yang memiliki warna retro pelangi adalah logo yang dikenal oleh banyak orang sebelum logo Apple yang sekarang. Tetapi logo Apple pertama kali adalah gambar dimana Sir Isaac Newton duduk dibawah pohon apel dengan apel yang akan jatuh mengenai kepalanya. Logo tersebut dirancang oleh pendiri Apple yang kurang dikenal bernama Ronald Wayne, dan dia akhirnya menjual Apple kepada Steve Jobs dan Steve Wozniak dengan harga $800. Logo tersebut hanya digunakan sebentar saja, pada tahun 1976. Karena logo tersebut tidak menunjukan dampak kenaikan terhadap Apple maka logo Isaac tersebut segera diganti.

2. Wozniak menjual kalkulator ilmiahnya untuk menambah modal

Dalam rangka menambah modal untuk membangun Apple, Steve Jobs menjual Volkswagen dan Wozniak menjual kalkulator HP-65nya seharga $500. Mungkin bagi kita yang lahir pada tahun setelah 1990 akan terkejut mendengar betapa mahalnya harga sebuah kalkulator. Tetapi pada tahun 1976, kalkulator ilmiah memiliki harga yang sama dengan laptop pada hari ini. Dan setelah itu Woz berhasil mendapatkan harga jual sebesar $795, dapat dipastikan jika pembeli itu mengetahui bahwa kalkulator itu merupakan bagian dari sejarah komputer maka bisa dibayangkan berapa harga yang ditawarkan di eBay. Maka pasti akan sangat mahal!

3. Apple 1 memiliki harga berkisar $666.66

Harga Apple yang sangat mahal begitu banyak dikritik oleh sebagian orang hingga saat ini. Tetapi sejarah berbicara, bahwa Apple selalu menyombongkan dirinya denga harga-harga yang sangat tinggi. Bahkan jika pada saat itu inflasi, lalu kita kembali pada hari ini maka harga Apple pertama lebih mahal dari Macbook Air atau Macbook Pro 17-inch pada hari ini. Jika kita melihat bahwa harga Apple 1 berkonotasi setan yaitu $666,66 , tetapi Woz segera menjelaskan dalam konferensi pers. Dia mengatakan bahwa Apple 1 dijual harga grosir ke toko-toko adalah $500, dan toko menjual harga ecerannya adalah $667. Namun Woz mengubah semuanya menjadi satu digit yaitu $666,66 agar lebih mudah untuk diketik.

4. Apple menemukan Dogcow

Pernah mendengar “DogCow?” Pengguna Apple pertama pasti akan mengetahuinya, Dogcow disertakan di dalam Cairo Font yang merupakan bagian dari Macintosh asli. Setelah font Cairo dihentikan, Dogcow hidup dengan driver LaserWriter 4.0 dan kemudia menjadi semacam maskot untuk staf Apple.
Dirancang oleh Susan Kare, Dogcow bisa mengeluarkan suara “moof” dan dapat ditemukan disemua versi sistem operasi Mac sampai OS X. Pada akhir tahun 1980an, Dogcow memiliki popularitas yang baik, sehingga banyak digunakan oleh grup developer yang lain, termasuk Microsoft yang menggunakan Dogcow pada iklannya. Setelah kejadian ini Apple segera memberikan merek dagang terhadap Dogcow dan suara “moof”

5. Nama “Macintosh” terinspirasi oleh jenis apel

Steve Jobs memberi nama putrinya dengan nama Apple lisa, tetapi dari manakah nama “Macintosh” ditemukan? Jeff Raskin, pekerja Apple menjelaskan bahwa nama Macintosh didapatkan dari jenis apel.

6. Apple membuat Mass-market digital kamera pertama

Kembali pada tahun 1994, Apple merilis digital kamera pertama di US. Apple QuickTake 100 bisa mengambil gambar-gambar yang menakjubkan dan terhubung ke Mac via kabel. Harga kamera tersebut berkisar dengan harga $749, yang setara sebesar $1000 pada hari ini, yang tampaknya konyol dengan harga semahal itu hanya bisa mendapatkan kamera dengan resolusi kurang dari satu megapiksel dan tidak ada tampilan digitalnya. QuickTake kemudian diperluas ke dua model sebelum Steve Jobs menghentikan produksinya di tahun 1997.

7. iPod edisi pertama memiliki rahasia berupa telur paskah

iPod edisi pertama datang dengan sebuah rahasia kecil, yaitu telur paskah. Yang dapat diakses jika pengguna mengetahui kombinasi yang tepat pada saat menekan tombol. Bagaimana menemukan permainan ini dijelaskan oleh Nick Triano pada tahun 2002 di Geek.com. Dimana pengguna bisa menahan tombol tengah selama 3 detik, dan pengguna akan mendapatkan Breakout(Pong) berupa permainan telur paskah.

ref:Kaskus


InOne, Sinergi Komputer Sekaligus Tablet

Posted On 10:30:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Malam JEBLOGERS!!!

InOne merupakan komputer all-in-one sejati, layar 22 inci, keyboard, touchpad, speaker dan sebuah digital tablet semuanya dikemas dalam satu paket TRONtastic.



Semuanya terhubung secara wireless dan tabletnya akan menampilkan apa yang para mania tekno tulis dan gambar jadi para mania tekno tidak perlu melihat monitor. Desain yang menarik, terutama keyboardnya.


 ref:MT


Orang Indonesia yang Menjuarai kaligrafi China

Posted On 9:41:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Malam JEBLOGERS!!!

Tjutju Widjaja adalah seorang seniman kaligrafi China Asal Kota Bandung. Kecintaan nenek berusia 69 tahun tersebut terhadap seni kaligrafi Cina, dilandasi oleh makna yang terkandung di dalamnya.




Tjutju Widjaya (69), Seniwati kaligrafi asal Kota Bandung yang berhasil keluar sebagai juara kedua di World Expo Shanghai China 2010.




Tjutju Widjaja ditemui di rumahnya, Jalan Banda nomor 37, Senin (17/1/2011).
Menurutnya, kaligrafi Cina memiliki banyak makna yang bisa diambil hikmahnya dalam menjalankan kehidupan.
Dituturkan Tjutju, dalam satu huruf saja, punya beragam makna. Hal itulah yang membuatnya tertarik dan tertantang menekuni kaligrafi.
Tjutju Widjaja menunjukkan karya-karyanya.


Guangzhou, China, Jawara Transportasi Berkesinambungan

Posted On 9:39:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Malam JEBLOGERS!!!
Sistem transportasi bus yang terintegrasi dengan jaringan kereta, jalur sepeda yang lebar dan dibatasi dengan pepohonan, serta program berbagi sepeda. Itulah yang jadi faktor penentu Guangzhou jadi pemenang dalam penghargaan transportasi berkesinambungan (Sustainable Transport Award) yang diadakan oleh Institute for Transportation and Development Policy (ITDP).

Sistem transportasi bus yang mulai beroperasi Februari 2010 melayani 800.000 ribu orang per hari. "Sistem ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia," kata Jessica Morris, direktur program senior dari ITDP. Sistem ini terhubung dengan sistem kereta dan jalur sepeda, seolah-olah menjadi satu sistem besar.

Para ahli mengatakan dengan mengurangi kemacetan dan polusi dari sektor transportasi di China, butuh kerja sama dari perencanaan tata kota, teknologi informasi, dan pengembangan transportasi massal juga kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Sistem transportasi di Guangzhou ini lalu diharapkan bisa menguntungkan pula bagi perekonomian. Selain itu, sistem juga harus adil. "Dalam arti orang bisa jalan-jalan di kota, tak peduli tingkat pendapatannya," kata Morris.

ITDP merupakan lembaga non-profit internasional yang bekerja sama dengan kota-kota di seluruh dunia untuk mengurangi polusi dan memperbaiki kehidupan masyarakat. Setiap tahun, ITDP memberikan penghargaan terhadap kota-kota yang mampu memberikan sistem transportasi yang berkesinambungan.

Pada beberapa tahun terakhir, Sustainable Transport Award dianugerahkan kepada New York, AS; Paris, Prancis; Guayaquil, Ekuador; Seoul, Korea Selatan; dan Bogota, Kolombia.

Tahun ini, Guangzhou menang atas Leon, Guanajuato, Meksiko; Lima, Peru; Nantes, Prancis; dan Teheran, Iran.

ref:NGI


Senin, 24 Januari 2011

Posted On 4:31:00 PM by Ujibour 0 cuapan

Sore JEBLOGERS!!!

Belakangan ini sulit untuk mendesain sebuah komputer yang benar-benar membuat para mania tekno ternganga. Namun Hammerhead 98902 dari DARWINmachine ini pastinya sanggup mewujudkan hal tersebut.
Hammerhead HMR989 merupakan salah satu desain PC yang paling mengesankan yang pernah kami lihat. Dirancang oleh Matthew Kim — yang sebelumnya berpengalaman merancang mobil balap — sistem ini memutar balikkan desain komputer konvensional, semua isi jeroan komputer ditaruh di luar. Dan kelihatannya sangat menarik.
Dibuat sebagian besar dari panel plastik ecoresin dan CNC machined anodized blue aluminum, case ini tidak terlihat seperti case lainnya. Kim mengatakan komponen-komponen di dalamnya mudah diakses karena mereka terkait ke sebuah rangka, yang menjadikan PC ini mudah dimodifikasi dan mudah diatur, seperti sebuah mobil balap.
Kim tidak hanya menjual case ini tapi menjualnya sebagai PC Core-i7 lengkap. Spesifikasi lengkapnya ada di bawah:
  • Rangka aluminium anodized dan CNC yang disepuh dengan warna biru
  • Panel Supermatte White Ecoresin dengan Mil-Spec quick release system(motherboard side only)
  • CPU Intel Core i7-860 2,8Ghz
  • RAM 4 GB
  • SSD 140 GB Intel
  • 1 hard drive 640 Gb “hot-swappable” di bagian depan
  • 1 hot-swap tray ekstra untuk sebuah hard drive kedua
  • Graphics card nVidia ENGTX460
  • Optical CD/DVD drive
  • Modular power supply Kingston 750W
  • Windows 7 64-bit Home premium
Para mania tekno bisa membawanya pulang dengan merogoh kocek sedalam $2.900 (sekitar Rp 26,6 juta dengan kurs $1=Rp 9.185).

ref:MT


Horodron HD-02, Jam Tangan Unik Tanpa Angka Penunjuk Waktu

Posted On 4:26:00 PM by Ujibour 1 cuapan

Sore JEBLOGERS!!!

Kami sudah beberapa kali membahas jam tangan, tentunya yang unik. Dan jam tangan hasil pemikiran Jonathan Frey kali ini saking uniknya sampai tidak ada angka di jam ini!

Jam tangan ini memiliki sedikit lekukan dan bagian yang terbuat dari silikon untuk menambahkan kenyamanan. Meski tidak ada angka sama sekali di jam tangan ini, para mania tekno tetap bisa mengetahui waktu dengan mudah, baris pertama yang terdiri dari 12 kotak itu menunjukkan jam, sedangkan dua baris di bawah menunjukkan menit. Dari gambar di atas jam tangan ini menunjukkan waktu 10:25. Karena kotak pertama yang terdiri dari 12 kotak hanya 10 kotaknya yang menyala. Lalu baris kedua hanya menyala dua kotak, berarti sudah 20 menit dan kotak di baris ketiga hanya menyala lima kotak berarti ada tambahan waktu 5 menit. Mudah sekali bukan?

 ref:MT