Jumat, 26 Agustus 2011

Internet Paling Bisa Diandalkan Saat Bencana


9:54:00 AM |

Pagi JEBLOGERS!!!

Internet Paling Bisa Diandalkan Saat Bencana
Muhammad Bernaldy/Fotokita.net
 
Saat terjadi bencana, langkah pertama yang dilakukan seseorang biasanya adalah menelepon untuk mencari tahu kabar orang-orang terdekat. Langkah tersebut sebenarnya kurang tepat. Saran terbaik adalah segera mengubungkan diri ke internet. Kenapa?

Saat-saat setelah gempa, gunung meletus atau musibah lain seperti teror bom, infrastruktur telepon baik telepon kabel maupun selular terbukti paling cepat lumpuh. Itu karena sistem telepon tidak dirancang untuk melayani banyak percakapan sekaligus. Setiap percakapan telepon butuh sirkuit yang berbeda , dan tidak bisa disela begitu percakapan berlangsung. Sistem ini disebut "circuit switched", keunggulannya terletak pada kualitas percakapan yang tidak akan disela atau putus di tengah jalan. Kelemahannya? Tidak mampu menampung banyak koneksi.

Alternatif lain dari komunikasi suara via telepon adalah dengan mengirim pesan pendek (pesan SMS). Cara ini dianggap lebih baik karena pesan pendek membutuhkan lebih sedikit bandwidth dibanding suara. Akan tetapi banjir pesan pendek tetap bisa melumpuhkan infrastruktur teleponi. Para peneliti mendapati bahwa sistem "simpan dan teruskan" yang dipakai dalam pengiriman pesan bisa menyebabkan penyampaian pesan terlambat. Hal itu terjadi karena operator pengirim akan menyimpan pesan sampai saluran telepon penerima berada dalam jaringannya.

Kasusnya akan berbeda pada internet. Mungkin terlalu berlebihan mengatakan internet akan tetap bertahan saat perang nuklir, tapi internet dirancang untuk bisa mengalihkan jalur saat terjadi mati listrik dan putus koneksi. Hal itu dilakukan dengan melakukan pemecahan bit-bit data menjadi paket-paket kecil, yang ditandai dengan setiap tujuan, untuk kemudian dikirim melalui jalur tercepat yang paling memungkinkan. 

Sistem komunikasi seperti di atas disebut "packet switched". Sistem ini memang tidak memungkinkan kita menerima pesan--baik yang berbentuk suara, teks, gambar, maupun video--tanpa putus-putus. Akan tetapi untuk kondisi darurat, jalur inilah yang terbaik.
 
ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar