Selasa, 23 Agustus 2011

Daya Respons Margasatwa Terhadap Perubahan Iklim Bertambah


4:17:00 PM |

Sore JEBLOGERS!!!

Daya Respons Margasatwa Terhadap Perubahan Iklim Bertambah
Arsel/stock.xchng
 
Tumbuhan dan hewan merespons perubahan iklim dengan cepat. Studi terbaru melaporkan, kecepatan respon balik ini bahkan meningkat tiga kali dari yang diperhitungkan terakhir.

Studi yang ditulis pada jurnal Science ini mengungkap, perubahan ketinggian daerah habitat margasatwa telah menjadi dua kali lipat dibandingkan perhitungan terakhir di tahun 2003.

Margasatwa berpindah ke tempat yang lebih dingin saat habitat mereka semula mengalami dampak pemanasan global. Dalam analisisnya peneliti merata-rata pergeseran ke tempat tinggi adalah pada tingkat 40 kaki per dekade.

Di Kalimantan, contohnya, ngengat bergeser sampai ketinggian 220 kaki di atas Gunung Kinabalu. Padahal area ini dilindungi selama 40 tahun belakangan, jadi bukan perusakan lingkungan faktor migrasi ngengat itu melainkan iklim yang menghangat.

Chris Thomas, ahli biologi konservasi di Universitas of York, Inggris yang menjadi ketua tim studi menjelaskan, aneka respon margasatwa terhadap perubahan iklim ini diamati pada tumbuhan-tumbuhan dan hewan-hewan berbeda di berbagai tempat.

"Karena tiap spesies mengeluarkan respon berbeda, sangat sulit memprediksi satu individu saja, maka kami perlu meneliti beragam tumbuhan, beragam hewan. Sayang sepertinya informasi yang lebih detil masih dibutuhkan, untuk mengambil langkah nyata," katanya terus terang.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar