Jumat, 15 Juli 2011

Suara Alam dari Barang Bekas


4:37:00 PM | , , , ,

Sore JEBLOGERS!!!

Barang bekas yang tak terpakai ternyata dapat mengeluarkan suara-suara alam dan menjadi alat musik. Suara barang bekas ini ditunjukkan oleh Dodong Kodir pada acara "Bunyi Barang Bekas" yang bertempat di Selasar Sunaryo Art Space (SSAS), Rabu (13/7).

Dodong yang berkolaborasi dengan musisi dari Jepang, Makoto Nomura, memainkan barang-barang bekas, seperti rem cakram motor, karet ban, kaleng bekas, sampai alat cukur kumis. Barang bekas miliki Dodong tersebut mengeluarkan berbagai suara alam, seperti desir ombak, kicauan burung, angin tornado, hingga suara bom juga dapat tercipta dari barang-barang tersebut.

Dodong mengatakan bahwa instrumen ciptaannya terinspirasi dari alam di Indonesia. Selain itu, bencana tsunami dan tornado pun menjadi inspirasi dalam menciptakaan instrumen. "Instrumen yang saya buat berdasarkan kejadian atau fenomena alam yang telah terjadi di Indonesia khususnya," ungkapnya. Instrumen dari barang bekas ciptaan Dodong, telah masuk ke dalam salah satu museum di Amerika Serikat.

Sunaryo selaku Direktur SSAS mengungkapkan bahwa kegiatan ini selain mengisi libur sekolah, tapi juga mengingatkan kita untuk peduli lingkungan. Dia menambahkan, "Dalam pertunjukkan ini, kita diingatkan bahwa barang tak terpakai pun dapat menjadi instrumen yang murah meriah."

Sebelum pertunjukkan ini dimulai, telah dilaksanakan workshop untuk menciptakan dan memainkan instrumen dari barang bekas bagi anak-anak. "Kita di sini juga menunjukkan bahwa kreativitas itu tidak harus mahal," kata Sunaryo seusai pertunjukkan.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar