Senin, 04 Juli 2011

Raflesia Mekar di Cibodas


4:46:00 PM | , , ,

Sore JEBLOGERS!!!

Untuk yang pertama kalinya, bunga Rafflesia roschussenii mekar di Kebun Raya Cibodas dan bisa disaksikan publik yang berkunjung. Rafflesia rochussenii merupakan endemik Jawa Barat, ia masih termasuk kerabat Rafflesia arnoldi serta Rafflesia patma yang tumbuh di Kebun Raya Bogor.

Didik Widyatmoko, Kepala UPT BKT Kebun Raya Cibodas, Minggu (3/7), mengatakan bahwa bunga telah mekar dari hari Jumat lalu. "Diameter bunga 12 cm dan tingginya hanya 4 cm."  

Sebelumnya, raflesia pernah dicoba untuk dimekarkan, tapi baru kali ini berhasil. "Kami berhasil menumbuhkannya dengan inang Tetrastigma dichotomum," ujar Didik. Raflesia, seperti diketahui, adalah jenis tumbuhan bunga parasit. Waktu sekitar dua minggu untuk mekar. Menurut Didik, keberhasilan untuk mekar sangat dipengaruhi oleh kondisi habitat, terutama faktor kelembapan. "Saat ini Kebun Raya Cibodas sudah memiliki alat baru untuk pendataan. Melalui alat itu, nanti secara ilmiah kita bisa tahu pengaruh suhu, kelembaban, hingga kecepatan angin pada  mekarnya bunga," ungkapnya.

Spesies yang ditemukan di kawasan hutan Gunung Gede, Gunung Pangrango, Gunung Salak ini optimal tumbuh di ketinggian 700 sampai 1.400 mdpll. Rafflesia rochussenii umumnya hidup di lantai hutan yang lembap dan didominasi vegetasi Fagaceae.

Keberhasilan ini juga menunjukkan bahwa raflesia ternyata bisa tumbuh di rentang ketinggian yang lebar. Ketinggian Kebun Raya Bogor 250 meter dpl, sedangkan Kebun Raya Cibodas 1.300 meter dpl.


ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar