Rabu, 06 Juli 2011

Lab Jerman Ciptakan Medan Magnet Terkuat di Dunia


10:52:00 AM | , , ,

Pagi JEBLOGERS!!!


Penelitian di Dresden, Jerman, menciptakan rekor dunia dalam membuat medan magnet terkuat. Medan magnet yang muncul dalam waktu beberapa milidetik itu berkekuatan 91,4 tesla, melampaui rekor sebelumnya 89 tesla.

Medan magnet yang dihasilkan di High Magnetic Field Laboratory Dresden (HZDR) itu dibuat dari dua lapis kumparan tembaga seukuran ember seberat hampir 200 kilogram.

Saat pembuatan medan magnet berkekuatan lebih dari 90 tesla tersebut, tim HZDR melapisi kumparan dengan korset khusus yang terbuat dari bahan yang biasa dibuat untuk rompi antipeluru. Dengan demikian, tim HZDR berhasil membuat sebuah kumparan yang menghasilkan tenaga 50 tesla. Dengan menambah kumparan lain berkekuatan 40 tesla, tim ilmuwan berhasil mencapai lebih dari 90 tesla.

"Kumparan tembaga standar umumnya tidak dapat bertahan saat menghasilkan medan magnet berkekuatan 25 tesla," kata seorang peneliti dari tim HZDR. Hal itu diakibatkan medan magnet dan arus listrik yang menghasilkannya saling berlawanan. Arus listrik yang mengalir di kumparan memang dapat menghasilkan medan magnet. Akan tetapi, medan magnet itu terhambat juga oleh elektron yang mengalir di kumparan. Semakin kuat arus listrik, semakin banyak medan magnet yang terhambat dan ketika sampai di ambang tertentu, medan magnet akan terurai.

Sementara itu, medan magnet yang besar diperlukan untuk menguji dan mengetahui karakteristik dari berbagai material, misalnya superkonduktor. Saat ini HZDR berusaha menghasilkan enam magnet lagi dalam waktu beberapa tahun ke depan.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar