Minggu, 21 November 2010

Labuan Bajo, Kota Kecil Indah yang kurang terekspos


11:13:00 PM |

Kota labuan bajo adalah kota kecil, ibu kota kabupaten manggarai barat, merupakan kota yang nyaman. sudah banyak tersedia penginapan dari kelas melati hingga bintang lima. masyarakat disana ramah dan menghormati pendatang. tempat makanan juga cukup banyak tersedia, tetapi jangan kaget bila harus menunggu cukup lama hingga pesanan datang. beberapa tempat makanan dimiliki oleh warga asing, dan memang pada saat berkunjung hanya kelompok saya yg bukan warga asing.Tempat ini dapat dicapai dengan banyak cara. yang pertama adalah dengan menggunakan pesawat dari bali atau kupang. kapal ferry berangkat dari bali atau kupang juga secara rutin mengunjungi kota ini. dapat juga dijangkau melalui jalan darat dari kota maumere (timur flores), tapi lebih baik sedia antimo cukup banyak karena jalannya benar-benar berliku2.Selain untuk menyaksikan komodo, pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo seperti Pulau Seraya juga merupakan tempat yang bagus dan menantang Anda untuk menyelam dan melihat keindahan alam bawah laut.
Selain sebagai salah satu akses untuk menuju ke Pulau Flores, pariwisata di Labuan Bajo juga sudah mulai berkembang sehingga Anda juga mudah untuk menuju ke tempat ini. Labuan Bajo bisa diaksses dengan menggunakan feri penyeberangan dari Sumbawa atau dengan menggunakan bus dari Ende dan Maumere. Sementara itu, Bandara Komodo di Labuan Bajo juga melayani penerbangan Labuan Bajo-Denpasar.Penduduk Labuan Bajo banyak yang berasal dari Sulawesi, Bali, Padang dan Jawa. Nama kota Labuan Bajo sendiri diusung dari banyaknya nelayan-nelayan sulawesi yang akhirnya menetap disini. Dan jangan heran kalo disini banyak sekali Restoran Padang.
Untuk melakukan scuba diving, ada beberapa operator yang melayani scuba diving di sekitar Labuan Bajo yaitu Bajo Dive Club, Dive Komodo dan Reef Seeker.
Selain arus yang tidak terlalu keras, Anda bisa menyaksikan pemandangan bawah laut yang menakjubkan beserta species yang indah seperti ikan manta ray dan species lainnya.Pantai di pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo juga masih alami dan bersih dengan pasirnya yang putih dan pemandangan alam di sekitarnya yang sangat indah.
Labuan bajo menyediakan banyak tempat yang mempunyai terumbu karang indah. kata turis-turis, surga bagi olah raga menyelam. karena waktu tidak cukup, ditambah tidak mempunyai ketrampilan menyelam, selama kunjungan tidak sempat menikmati keindahan terumbu karang.
didalam kota, ada tempat wisata bernama ‘bukit ular’. bila anda senang berada dekat dengan ular, jangan lewatkan tempat satu ini.Tempat kedua adalah ‘batu cermin’ , yang merupakan bukit batu dengan guanya yang mengandung pasir kwarsa, sehingga ketika terkena senter akan memantulkan sinar. karcis masuk harus dibayar, harga nya murah, senter juga bisa dipinjam dengan tambahan biaya. anda dapat masuk kedalam bukit melalui lorong-lorong, dan akan menemukan kelelawar didalamnya.sy bukan ahli gua, tetapi kelihatannya bukit ini dahulu berada dibawah air laut. entah bukitnya yang naik atau air laut yg turun.Terdapat sebuah ‘komodo national park’ didalam kota, masih terlihat spanduk ‘vote komodo’ yang ramai beberapa waktu lalu karena masyarakat disana menolak ide memindahkan komodo ke dekat pulau bali (kalau tidak salah). museum ini tidak terlalu menarik karena hanya ada satu buah kerangka komodo yg tersedia. tetapi kita bisa bertanya2 tentang komodo dan petugasnya ramah-ramah.Tempat wisata lain yang harus dikunjungi adalah pulau komodo. ada banyak bisnis yang menawarkan turis untuk berkunjung ke pulau komodo, pulau bidadari, pulau rinca, dll. anda harus pintar negosiasi harga. pilihan lain adalah langsung negosiasi dengan nelayan yang memiliki perahu, mereka bisa mengantarkan, tetapi kurang trampil untuk memandu (lha pekerjaan rutinnya menangkap ikan). tidak sulit untuk mencari nelayan, karena pusat keramaian kota ini berada disekitar dermaga kapal.

Pulau lain adalah : Pulau Rinca, pulau ini lebih dekat dari labuan bajo dan bisa dijangkau perahu dengan menyusuri pantai. hanya diperlukan sekitar satu setengah jam untuk sampai di pulau ini . karcis masuk yang cukup mahal, sekitar Rp. 75.000,- harus dibayar untuk berjalan-jalan mencari komodo.
berkunjunglah pagi atau sore, karena komodo istirahat ketika cuaca panas terik. anda dapat berkeliling dengan ditemani oleh ‘ranger’, dan melihat sarang komodo dimana mereka menaruh telurnya. ternyata mereka akan menggali beberapa lubang ditanah, satu lubang untuk menaruh telur, sisanya untuk menipu pemangsa (yg biasanya komodo lain).Bila anda suka pantai, kunjungilah beberapa pulau disekitar kota labuan bajo, disarankan pulau bidadari dan Pulau Sabolon. pulau-pulau ini memiliki pantai yang indah, berpasir putih, air jernih. ada satu pantai yang dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat dalam waktu sekitar 2 jam dari kota labuan bajo menyebrangi jajaran pegunungan. ‘pantai berenan’ ini terletak dikecamatan lain, masih sepi dari turis sehingga kondisinya masih perawan. masyarakat disekitar juga ramah-ramah, bila mereka senang, anda dapat tinggal semalam-dua malam dirumah mereka. hotel terletak di ibukota kecamatan (kecamatan lembor) harga murah tetapi kondisi memprihatinkan.

Bila ingin menginap di labuan bajo, cobalah hotel ‘bajo beach’, harganya murah tetapi kondisi kamar bagus. kalau memerlukan hotel berkelas, kota labuan bajo memiliki 1 buah hotel berbintang lima Yaitu hotel jayakarta dan 1 berbintang empat yaitu : hotel bintang flore.





sumber:http://kaskus.us



You Might Also Like :


2 cuapan:

ajengdewie mengatakan...

wow, keren.. kapan ya bisa kesana.. :)

Ujib mengatakan...

semoga bisa secepatnya deh... Aamiin... Hehehe, makasi atas kunjungannya... ^_^

Posting Komentar