Selasa, 19 Januari 2010

3 Bulan, Pengguna Android Meningkat 200%


6:33:00 PM |


SAN FRANSISCO - Sebuah perusahaan riset menemukan, pengguna handset Android mulai meningkat dalam kurun tiga bulan ini. Bahkan sekira empat persen dari seluruh pengguna smartphone, dideteksi menggunakan Android.

Dilansir melalui RWW, Selasa (19/1/2010), temuan ini mengindikasikan adanya peningkatan sekira 2 kali lipat sejak survei terakhir, yakni pada September 2009, yang dikeluarkan oleh perusahaan riset yang sama, ChangeWave Research.

Dalam survei tersebut, ChangeWave juga menemukan sekira 21 persen responden mengaku berencana untuk membeli perangkat berbasis Android dalam waktu 90 hari ke depan. Padahal pada rilis September, hanya sekira 6 persen responden yang berniat membeli Android.

Saat ini, Android sendiri bersaing cukup ketat dengan Palm. Pada survei September, Palm menduduki posisi sebagai OS nomor satu yang diinginkan. Sedangkan pada survei Desember, Android menggeser posisi palm.

Android mendominasi survei kali ini dikarenakan harga iPhone yang dianggap mahal. Bahkan keinginan untuk memiliki perangkat iPhone, menurut ChangeWave, mulai turun dari 32 persen menjadi hanya 28 persen responden saja. Namun begitu, pangsa pasar Apple tetap meningkat meski hanya satu poin menjadi 31 persen. Sedangkan Blackberry milik Research in Motion mendapatkan marketshare 39 persen, dan Palm merosot ke 6 persen.

Meski data ChangeWave ini mampu menyejukkan hati Google, namun nyatanya tidak demikian keadaan di luar. Sejak penjualannya mulai dibuka secara mandiri oleh Google pada 5 Januari, smartphone Android hanya mampu terjual 20.000 unit saja. Sangat jauh berbeda dengan apa yang telah dialami iPhone 3GS yang berhasil terjual sekira 1,6 juta pada pekan pertama kemunculannya.

Namun begitu, estimasi ini tidak hanya berlaku pada Nexus One Google yang dianggap gagal. Kejayaan Android masih akan terlihat berkat bantuan vendor lain yang mengusungnya, seperti HTC maupun Motorola.

Pada riset ChangeWave pula, Motorola diketahui telah mendapatkan peningkatan pangsa pasar hingga 12 persen. Demikian pula dengan HTC yang pangsa pasarnya naik dari lima persen menjadi sembilan persen. (srn)


Dari:okezone.com






You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar