Senin, 05 September 2011

Indonesia Jadi Tuan Rumah IRO 2011


10:32:00 AM |



Pagi JEBLOGERS!!!

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah International Robot Olympiad (IRO) 2011 untuk pertama kalinya.

IRO adalah kompetisi robot internasional yang diselenggarakan setiap tahun. Acara ini dirancang sebagai wadah untuk mengembangkan ide para siswa sekolah tingkat dasar, menengah dan atas di seluruh dunia. Selain itu, IRO juga berfungsi sebagai ajang promosi bagi para pelaku industri robot untuk memamerkan berbagai produk atau prototipe robot terbaru.

Menurut Adiatmo Rahardi, pendiri komunitas robot internasional, IRO 2011 bisa menjadi ajang untuk melihat ide-ide kreatif dan bakat-bakat baru dari bangsa lain. "Momentum ini juga bisa menjadi pemicu lahirnya para roboticist muda Indonesia," tambahnya.

Salah seorang ahli robot muda berbakat dari Indonesia adalah Jayanto. Ia mengembangkan rancangan sebuah robot amfibi bawah air yang diberi nama Viper Icarus. Robot tersebut nantinya memiliki kemampuan eksplorasi, pengambilan sampel, dan pemantau wilyah teritorial perairan Indonesia. Karayanya ini berhasil meraih medali emas di ajang World Robo Masters Cup 2010 serta meraih Technical Award pada kompetisi Robot Kreatif INAICTA 2010 dan IRO 2010. 

Untuk IRO 2011, Jayanti akan membuat robot evakuator gempa. Robot ini akan memiliki "belalai gajah" untuk memadamkan api dan mengangkat puing-puing bangunan yang runtuh serta akan dilengkapi kamera untuk mengamati kondisi sekitarnya. Robot juga akan dirancang agar mudah bergerak di wilayah reruntuhan gempa.

IRO 2011 mengusung tema "Robot That Can Help People From Natural Disaster". Menurut Wahidin Wahab, Presiden ROCI, kompetisi bergengsi tersebut akan diselenggarakan pada bulan Desember di Universitas Tarumanegara, Jakarta dan STKIP Surya.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar