Selasa, 13 September 2011

Asal Usul Mooncake / Kue Bulan


11:31:00 AM | , , ,

Pagi JEBLOGERS!!!

Kue bulan/mooncake



Bulat keemasan, sering kali berisi kuning telur asin, bisa juga cokelat atau bahan bercita rasa manis lainnya.Kue ini menjadi tradisi khas masyarakat China.
Kue bulan pada dasarnya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan.

Dongeng/cerita rakyat cina tentang kue bulan

Dongeng populer China berkisah, pada masa pemerintahan Kaisar Yao (2000 SM), terdapat seorang pemanah ulung bernama Hou Yi. Kala itu, bumi dikitari 10 matahari yang bergantian menyinari bumi. Namun, suatu hari, kesepuluh matahari muncul bersamaan sehingga bumi pun panas tak terkira.



Sang kaisar memerintahkan Hou Yi memanah sembilan matahari hingga tersisa satu matahari saja. Singkat cerita, atas keberhasilannya, Hou Yi pun diberi ganjaran pil keabadian.

Pada suatu hari, seorang penjahat bernama Feng Meng menyelinap ke kediaman Hou Yi dan bermaksud mencuri pil keabadian. Agar tidak jatuh ke tangan yang salah, Chang Er (istri Hou Yi) menelan pil itu. Tiba-tiba, Chang Er mendapati dirinya terbang ke langit menuju bulan.



Untuk menghargai pengorbanan Chang Er dan menyerukan perdamaian di muka bumi serta sebagai ungkapan rasa syukur, masyarakat China mewujudkannya melalui kue yang manis dan buah-buahan. Tradisi ini lalu berkembang menjadi Festival Kue Bulan (mooncake), yang diperingati setiap hari ke-15 bulan kedelapan kalender China.

Konon, hingga kini dipercaya bahwa selama pertengahan musim gugur, saat bulan bulat penuh dan bersinar benderang, tampak siluet bayangan Chang Er, yang kemudian dikenal sebagai Dewi Bulan.

Itulah sekelumit kisah si kue bulan, yang merupakan salah satu versi dari sekian banyak versi asal-usul kue manis bundar berukir tulisan China itu.

Mooncake lazim dibuat untuk memeriahkan pesta atau sekadar berkumpul bersama keluarga sambil meneguk teh China yang pahit. Mooncake juga kerap dihadirkan dalam perayaan rutin tahunan sebagai penanda akhir musim panen.

Jenis-jenis isi mooncake:

Secara tradisional mooncake isinya bisa dibagi menjadi 4, yaitu:

Lotus seed paste (lian rong)



Yang dianggap paling mewah, paling berharga dan paling lezat. Di beberapa tempat, karena tingginya harga lotus seed paste yang jarang terdapat, maka kadang juga digunakan white kidney bean sebagai bahan tambahan pengisi.

Sweet bean paste (dou sha, sering dilafalkan tau sa di Indonesia)



Paling banyak terbuat dari azuki beans, sehingga dikenal dengan nama red bean paste. Tapi di beberapa tempat lain terbuat dari Mung bean atau black bean. Ini juga banyak terdapat di Indonesia, yang dibilang isi “tau sa” biasanya berwarna hitam.

Jujube paste



Berbentuk pasta yang manis, terbuat dari buah yang masak dari tumbuhan jujube. Warna dari pasta ini biasanya merah gelap, sedikit asam, ada aksen rasa seperti diasap. Kadang bisa dibingungkan antara jujube paste dan red bean paste. Isi jujube paste ini hampir-hampir tidak pernah dijumpai di Indonesia, karena tidak populer sama sekali.

Five kernel



isinya 5 macam kacang-kacangan dan biji-bijian yang dicincang kasar, dan direkatkan satu sama lain dalam mooncake dengan maltose syrup.

Jenis-jenis Kulit Mooncake:

Chewy



inilah yang sekarang paling populer di mana-mana dan banyak dijumpai di seluruh dunia. Seperti nampak dalam foto-foto di atas, seperti inilah kulit mooncake yang disebut dengan chewy ini, yang paling banyak disukai dan sudah menembus lintas batas benua. Terbuat dari bahan-bahan sirup gula kental, lye water, tepung dan minyak.

Flaky



jenis yang ini lebih dikenal dengan nama Suzhou-style mooncake. Adonan kulitnya dibuat dengan menggulung adonan yang terdiri dari minyak dan tepung. Rasa dan tekstur hampir sama dengan model pastry barat atau puff pastry.

Tender



di beberapa provinsi di China dan beberapa tempat di Taiwan, jenis ini banyak juga.

Mooncake Styles:

Cantonese-style mooncake



ini yang paling mendunia, berasal dari provinsi Guangdong, dan di tempat asalnya terdapat lebih dari 200 variasi.

Suzhou-style mooncake



bermula dari ribuan tahun lalu, campuran yang royal dari lemak binatang dan gula serta tepung. Model yang ini banyak juga terdapat di Indonesia.

Beijing-sytle mooncake



ada 2 variasi, yang satu disebut dengan di qiang, yang lebih mirip dengan Suzhou style. Dan satu lagi disebut dengan fan mao, di mana rasanya cenderung lebih flaky.

Chaoshan (Tiociu)-style mooncake



ini juga flaky tapi lebih memiliki diameter yang lebih besar daripada Cantonese-style, tapi lebih tipis. Aroma lemak yang digunakan akan lebih kuat untuk style ini.

Ningbo-style mooncake



Lebih khusus di provinsi Zhejiang, rasa lebih cenderung ke asin dan spicy.

Yunnan-style mooncake



Cenderung lebih manis.

Mooncake Modern



Mooncake modern sekarang lebih banyak lagi variasinya, ada yang dari agar-agar, ada yang dari ketan/glutinous rice, ada yang isinya keju, chicken floss (abon ayam), tiramisu, bahkan ice cream, coffee, dsb, dsb.

resep:

  • Classic Moon Cake

    Bahan Kulit:
    - 250 gr terigu
    - 130 ml sirup
    - 60 ml minyak kacang
    - 1 sdt air abu

    Bahan Sirup :
    - 1 kg gula pasir
    - 750 ml air
    - 1 buah jeruk lemon, ambil airnya

    Bahan Isi :
    - 500 gr biji teratai, rebus dengan air secukupnya kemudian blender sampai halus
    - 1 sdm air abu
    - 350 gr gula pasir
    - 2 sdm sirup
    - 400 ml minyak kacang
    - 50 gr kenari
    - 12 kuning telur asin

    Cara membuat :
    1. Sirup: Campur semua bahan, masak sampai kental, dinginkan.
    2. Kulit: Campur terigu dengan sirup, minyak, air abu, uleni sampai tidak lengket ditangan. Tutup dengan serbet basah. Istirahatkan 3 jam.
    3. Isi: Panaskan minyak kacang dengan sedikit gula pasir, masak jadi karamel, masukkan pasta biji teratai, air abu, sisa gula pasir, sirup, aduk rata. Tuang minyak kacang sedikit-sedikit hingga tercampur rata dan bisa dibentuk, angkat dan dinginkan.
    4. Masukkan kenari, aduk, bulatkan adonan isi, beri bagian tengah dengan kuning telur asin dan bulatkan kembali, ambil adonan kulit, pipihkan, beri isi, bulatkan masukkan kedalam cetakan yang ditaburi terigu, keluarkan.
    5. Panggang kurleb 15 menit.
  • Bahan olesan:
    - 2 telur campur dengan 1sdm air, kocok.

    Berbagai Macam Mooncakes dengan Variasi Isi:
    Adonan Dasar Kulit Moon Cake /Kue Bulan


    BAHAN A:
    - 100 gram gula palem
    - 50 ml air
    - 50 gram madu

    BAHAN B:
    - 100 gram tepung terigu
    - 5 gram minyak kacang tanah

    BAHAN C:
    - 175 gram tepung terigu diayak bersama 1 sdt baking powder

    CARA MEMBUAT :
    1. Rebus gula palem, air, dan madu sampai mendidih.
    2. anas-panas masukkan tepung terigu. Uleni sampai tercampur lalu diamkan 30 menit.
    3. Tambahkan tepung terigu yang terdapat dalam bahan C. Uleni sampai lemas. Tuangkan minyak tanah kacang tanah lalu uleni sampai rata. Adonan siap dibentuk dan diisi.

(kr/na)



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar