Kamis, 11 Agustus 2011

Waktu Terbaik Menikmati Hujan Meteor


8:26:00 PM |

Malam JEBLOGERS!!!

Waktu Terbaik Menikmati Hujan Meteor
Mila Zinkova
 
Hujan meteor Perseid sudah mulai terjadi sejak 17 Juli lalu. Puncaknya sendiri diperkirakan akan terjadi pada tanggal 12-13 Agustus. Namun sayangnya, bulan purnama yang akan tampak pada 13 Agustus bisa mengurangi kenikmatan memandang fenomena alam ini.

Meski demikian, masih ada kesempatan untuk menikmati Perseid sebelum bulan purnama, apabila cuaca memungkinkan. Para pengamat langit bisa memanfaatkan langit yang gelap pada tanggal 9, 10, dan 11 Agustus. Sementara waktu terbaik untuk melakukan pengamatan adalah pada dini hari menjelang pagi.


Secara umum, langit akan benar-benar gelap selama dua setengah jam menjelang pagi pada tanggal 9, sehingga hujan meteor Perseid bisa jelas terlihat. Pada tanggal 10, durasi langit gelap berkurang menjadi satu setengah jam dan menyusut menjadi kurang dari setengah jam pada Kamis (11/8) pagi.

Meteor Perseid biasanya bergerak cepat, terang, dan terkadang meninggalkan jejak cukup lama. Sesekali juga akan terlihat bola api Perseid yang memancar terang dan menciptakan pemandangan malam yang spektakuler.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar