Kamis, 11 Agustus 2011

Primata Langka di Indonesia Banyak Dikonsumsi Masyarakat


8:46:00 PM | , , ,

Malam JEBLOGERS!!!



Dari 200 jenis primata yang terdapat di seluruh dunia, 40 jenisnya berada di Indonesia. Hal ini tentu menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki jenis primata paling variatif.

Namun sayangnya 70% dari jumlah diatas sudah masuk kategori terancam punah. Rusaknya habitat dan penangkapan ilegal diduga menjadi penyebab utama kepunahan primata-primata tersebut.

Bahkan ProFauna Indonesia mencatat setiap tahunnya ribuan kera hasil tangkapan alam diperdagangkan di Indonesia untuk dikonsumsi atau dijadikan satwa peliharaan.

"Sampai saat ini masih ada pengiriman, kalau dipelihara sepertinya hanya sedikit, lebih banyak dikonsumsi otak dan dagingnya," kata Ketua Pro Rosek Nursahid, disela-sela kampanye penyelamatan primata di Renon, Denpasar, Minggu (03/07/2011).

Akibat ekploitasi yang membabi buta ini, sedikitnya 4 primata asal Indonesia benar-benar akan punah jika tidak segera diselamatkan. Mereka adalah Orangutan Sumatera (Pongo Abelii), Kukang Jawa (Nyeticebus Javanicus), Tarsius Siau (Tarsius Tumpara), dan Simakubo (Simias Cocolor).



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar