Jumat, 05 Agustus 2011

Mobil Cerdas Terbukti Kurangi Jumlah Kecelakaan


11:30:00 AM |

Pagi JEBLOGERS!!!

Mobil Cerdas Terbukti Kurangi Jumlah Kecelakaan
Volvo Cars
 
Teknologi-teknologi yang membuat mobil lebih cerdas dalam menghindari kecelakaan berhasil memangkas jumlah kecelakaan pada kecepatan rendah sampai 25 persen. Demikian hasil penelitian sebuah organisasi penelitan nirlaba Highway Loss Data Institute (HLDI).

"Hampir seperempat kecelakaan dapat dihindari. Jumlah yang besar," kata Kim Hazelbaker, wakil presiden HLDI. 

Organisasi yang memperoleh dana dari industri asuransi otomotif tersebut mempelajari data dari teknologi "City Safety" yang dipasang di Volvo XC60. HLDI membandingkan kendaraan yang dilengkapi sistem tersebut dengan kendaraan lain tanpa sistem. Hasilnya, City Safety System terbukti mencegah kecelakaan pada kecepatan rendah. 


Teknologi tersebut didesain untuk menghindari tabrakan depan dan belakang yang biasa terjadi pada sekitar kecepatan 30 kilometer per jam. "Membuat Anda lebih aman di lalu lintas ramai," kata Hazelbaker.

Sebuah sensor dipasang di kaca depan, tepatnya di belakang spion tengah. Sensor tersebut memindai keberadaan kendaraan lain dalam jarak 5,5 meter. Sensor lain ditempatkan untuk mendeteksi sudut kemudi dan pedal rem. Ketika sensor mendapati perbedaan kecepatan tertentu di seputar kendaraan, sensor secara otomatis membuat mobil mengerem secara otomatis.

Teknologi ini tidak dibuat agar pengendara lebih nyaman. "Sistem bereaksi mendadak," kata Adam Kopstein, manajer keselamatan dan produk dari Volvo. "Sistem didesain untuk bereaksi di detik-detik terakhir sebelum tabrakan. Penting untuk diingat kalau sistem ini bukan sistem yang boleh sering digunakan pengendara," tambahnya.

Sistem di Volvo ini bukan satu-satunya teknologi pengaman yang tersebdia. beberapa perusahaan otomotif lain memiliki teknologi serupa, termasuk penggunaan lampu cerdas yang bisa bereaksi sesuai dengan pergerakan mobil.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar