Jumat, 19 Agustus 2011

Hewan Aneh Hadir di California


4:07:00 AM |

Pagi JEBLOGERS!!!


Hewan Aneh Hadir di California
VigilancePrime
 
Nick Kamp, seorang operator di instalasi penyaringan air mendapati keberadaan hewan aneh di Paso Robles Wastewater Treatment Plant di California, Amerika Serikat. Dari foto yang ia ambil, tampak hewan itu memiliki tubuh seperti babi, namun punya hidung serta kepala yang lebih panjang. Hewan ini kemudian berenang dengan kepala di atas air dan kadang menyelam.

Menurut Todd Tognazzin, petugas dari Department of Fish and Game, hewan itu merupakan capibara. Ia memang hewan yang memiliki rupa aneh, tetapi tidak berbahaya.  Populasi hewan ini biasanya ditemukan di negara-negara Amerika Selatan seperti Ekuador, Bolivia, Venezuela, Brazil, Argentina, Suriname, Uruguay, Peru, dan Paraguay, di pedalaman hutan yang lebat. 

Capibara jarang didapati di Amerika Utara. Tognazzin yakin bahwa capibara yang dijumpai di California merupakan hewan peliharaan yang lepas. "Memelihara capibara  harus punya izin khusus," jelas Tognazzin.

Capibara merupakan hewan pengerat terbesar di dunia. Ia bisa tumbuh sampai seukuran anjing besar dengan berat lebih dari 45 kilogram. Capibara yang dijumpai kali ini memiliki bobot antara 45 sampai 55 kilogram. 

Menurut data National Zoo, capibara merupakan hewan herbifora yang menjalani hidup separuh di air dan separuh di darat dan bisa berada di bawah air hingga 5 menit. Meski populasinya cukup stabil, namun jumlah hewan ini terus menyusut di berbagai kawasan akibat perburuan.

Dua tahun lalu, seekor capibara juga pernah muncul di kawasan pertanian di dekat instalasi penjernih air, namun ketika itu pemilik lahan pertanian menembak mati hewan tersebut. Tampaknya, nasib capibara satu ini lebih mujur, ia hanya dibidik menggunakan kamera oleh petugas yang mendapatinya.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar