Selasa, 23 Agustus 2011

Bakteria Pernah Hidup Tanpa Oksigen


4:16:00 PM |

Sore JEBLOGERS!!!

Bakteria Pernah Hidup Tanpa Oksigen
www.biomedcentral.com
 
Dari mikrofosil yang ditemukan di Australia, diketahui bahwa lebih dari 3,4 miliar tahun lalu, ada bakteri yang mampu hidup tanpa oksigen. Bakterti jenis tersebut mengandalkan senyawa sulfur. Temuan ini memicu harapan akan ditemukannya kehidupan lain di planet Mars dan tempat lain di seluruh penjuru jagat raya.

"Sisa-sisa mikroba yang berada di bebatuan sedimen purba yang memicu perdebatan panjang hingga satu dekade itu akhirnya dikonfirmasi sebagai fosil paling tua yang pernah ditemukan," jelas Peneliti dari University of Western Australia dan Oxford University.

Menggunakan teknik spektroskopi dan mikroskopi elektron terbaru, mereka berhasil membuktikan tiga bukti bahwa sampel yang ditemukan itu memang merupakan makhluk hidup. Panjang fosil itu memang hanya berukuran satu per sepuluh juta meter. Namun bentuk dan pengelompokannya konsisten dengan sel-sel milik bakteria pada umumnya.

“Setidaknya kini kita punya bukti kuat bahwa ada kehidupan pada 3,4 miliar tahun yang lalu. Bukti ini mengonfirmasikan bahwa ada bakteri di masa itu yang mampu bertahan hidup tanpa oksigen,” kata Martin Brasier, profesor dari Oxford University. “Bakteri pecinta sulfur seperti ini sendiri masih banyak dijumpai saat ini,” ucapnya.

Sampel bakteri purba itu ditemukan di kawasan Pilbara, Australia Barat, tepatnya di daerah yang disebut sebagai Strelley Pool. Mikroba tersebut, setelah mati, tersimpan secara baik di antara pasir kuarsa. Seperti diketahui, Pilbara memiliki beberapa formasi bebatuan tertua di dunia. Di Archean Eon, ketika Bumi masih muda, temperatur lautnya sama seperti air panas.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar