Rabu, 03 Agustus 2011

10 Cara Paling Mudah Untuk Meningkatkan Kreatifitas


11:57:00 AM |

Siang JEBLOGERS!!!


reatifitas yang tertanam pada diri kita memang harus untuk selalu dikembangkan,karena dengan kreatifitas seseorang bisa menggali potensi yang telah dimiliki pada dirinya sendiri.Bahkan dengan kreatifitas,seseorang tidak hanya untuk menggali potensi diri namun juga banyak orang sukses di luar sana yang mencapai kesuksesan hanya dengan skill kreatifitas yang dimilikinya.Dengan kreatifitas seseorang juga menjadi terbiasa dengan bekerja,terhindar dari rasa malas dan hidup boros.Nah,bagaimana sih cara mudah meningkatkan kreatifitas yang ada pada diri kita?Berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa kita pelajari untuk meningkatkan kreatifitas diri.


1. Berfikirlah positif
Semakin positif cara berpikir Anda, membuat Anda semakin percaya diri dan optimis dalam menghadapi permasalahan. Selanjutnya Anda akan semakin kreatif dalam mencari solusi segala permasalahan Anda. Biasakanlah Anda mengatakan “Ya ini merupakan kesempatan untuk menjadi lebih baik” dalam menghadapi sebuah rintangan.

2. Tulislah kesulitan anda
Tulislah segala hal yang berkaitan dengan tantangan Anda, Apa yang menjadi penyebab Anda tertekan? Apa yang Anda kuatirkan? Kenapa Anda tidak bahagia? Ini bukan berarti berpikir negatif, tapi dengan menulisnya Anda selanjutnya akan berpikir untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

3. Selalu bertanya
Jangan terlalu cepat puas dengan jawaban singkat dari permasalahan Anda. Berlatihlah juga untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya bisnis Anda sedang menurun, kenapa menurun? mengapa penjualannya menurun? apa karena semakin banyak kompetitor? atau karena produk Anda semakin menurun kualitasnya? Dengan semakin banyak pertanyaan yang dapat Anda buat, maka Anda akan terpacu untuk semakin kreatif mencari solusinya.

4. Definisikan Batasan
Anda harus mampu mengidentifikasi apa saja yang menjadi batasan Anda untuk menyelesaikan permasalahan Anda. Kemudian Anda harus mencari alternatif-alternatif solusi sesuai dengan batasan yang Anda miliki.Hal ini dimaksudkan untuk bisa mengurangi kegagalan atas usaha yang anda lakukan,dengan demikian kreatifitas yang sedang anda kembangkan bisa berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

5. Lakukan Keputusan
Pilihkan keputusan yang terbaik setelah Anda membandingkannya dengan alternatif lainnya.Jangan menunda-nunda keputusan karena ini akan berdampak kurang baik pada semangat anda dalam meningkatkan kreatifitas yang sedang anda lakukan.Lakukan keputusan dengan semangat bahwa dengan keputusan itu akan membawa anda menuju titik kesuksesan yang lebih tinggi.

6. Buatlah Rencana
Anda harus menyiapkan rencana bila hasil evaluasi keputusan terbaik Anda tidak sesuai dengan tujuan awal Anda.Hal ini untuk meminimalisir penyimpangan dari tujuan awal sehingga rencana yang kita buat sebelumnya bisa tercapai sesuai dengan yang diinginkan.

7. Tetapkan Pengukuran
Anda harus menetapkan ukuran untuk mengetahui perkembangan pencapaian tujuan Anda. Bagaimana cara Anda dapat mengetahui bahwa Anda sudah sukses?Hal ini sangat penting karena sebagai tolak ukur seberapa jauh kesuksesan yang anda raih dalam usaha yang anda lakukan.

8. Berani ambil Resiko
Anda harus berani menghadapi semua resiko dan hasil dari keputusan yang telah Anda buat.Berani mengambil resiko adalah langkah yang sangat tepat untuk mengembangkan kreatifitas yang kita miliki.Dengan mempunyai jiwa berani mengambil resiko itu artinya kita berani bertarung di lapangan dalam berusaha mengembangkan kreatifitas.Makannya kita harus berani menang juga harus berani kalah karena dalam setiap usaha pasti hanya ada 2 pilihan keberhasilan yaitu Gagal atau Sukses.

9. Tentukan deadline
Anda harus menentukan deadline dari semua tujuan Anda. Misalkan Anda ingin tahun depan memiliki penghasilan per tahun sebesar 120 juta/tahun. Selanjutnya Anda mesti mem break-down apa saja yang Anda lakukan tiap bulan, tiap hari, tiap jam, bahkan tiap menit untuk mencapai tujuan Anda.

10. Anda harus Take Action
Spoiler for take action:
Bertindaklah, sibukkanlah diri Anda, dan terus bergerak. Tentukan Prioritas Tujuan Anda. Semakin cepat Anda dan semakin jelas tujuan Anda, semakin kreatif diri Anda dalam mencapai tujuan Anda. Anda juga akan semakin banyak memiliki energi dan waktu untuk belajar. Semakin banyak belajar maka semakin cepat Anda dapat mengembangkan kapabilitas diri Anda dan mencapai sesuatu yang lebih baik bagi masa depan Anda.



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar