Sabtu, 09 Juli 2011

Warga Jual Rumah Budaya


10:45:00 AM | , , ,

Pagi JEBLOGERS!!!

Beberapa rumah warga di kawasan Kotagede, Yogyakarta, yang menjadi kategori peninggalan budaya bergaya Kerajaan Mataram lama dijual dari kisaran harga Rp300 juta hingga Rp1,5 miliar. Penjualan rumah ini dipicu karena warga tidak mampu membiayai renovasi akibat bencana. Menurut pengakuan Kepala Desa Jagalan Saleh Udden, setelah gempa Jogja banyak rumah warga yang masuk Bangunan Cagar Budaya dijual. Jumlahnya sudah mencapai 35 unit.

Norjohan (72) yang tinggal di Desa Jagalan Banguntapan Bantul adalah salah satu contohnya. Pihaknya mengaku menjual rumahnya lantaran tak mampu lagi merawat rumah joglonya seluas 700 meter. Kondisi rumahnya sudah tidak terawat. Plitur bagian joglo sudah memudar dan sebagian ruangannya berantakan akibat gempa 2006 lalu.

“Sebenarnya saya eman (sayang-Red), tapi bagaimana lagi. Kebutuhan keluarga bertambah banyak," katanya. Norjohan pernah merenovasi setelah gempa. Renovasi menelan biaya Rp 200 juta. "Sekarang ini saya sudah menjualnya lewat media internet, namun belum ada yang tertarik,” ungkapnya.

Saleh Udden mengaku khawatir melihat warga menjual rumah peninggalan budaya. “Rumah mereka memiliki nilai sejarah tinggi dan jarang ditemui di era modern saat ini.  Saya sudah meminta warga untuk tidak menjual kayunya ke luar negeri, ”papar Saleh Udden.

Di Desa Jagalan sendiri terdapat 235 rumah cagar budaya yang layak dilestarikan. Di seluruh kawasan Kotagede ada sekitar 300 unit. Namun setidaknya baru sekitar empat hingga delapan rumah yang sudah direkonstruksi ulang. Rekonstruksi merupakan hasil  kerjasama dengan Bank Dunia melalui Java Reconstruction Fund (JRF) dan sudah berakhir Mei 2011

Untuk mengantisipasi penjualan lebih lanjut, Saleh Udden tengah mencari bantuan dana baik ke Gubernur DIY maupun pihak luar. Dana rekonstruksi diperkirakan mencapai Rp1,3 miliar. "Rumah-rumah kuno akan dijadikan fasilitas home stay atau seperti  desa wisata dengan harapan warga tak menjualnya," demikian Salleh Udden mengungkapkan rencananya.
 
ref:NGI



You Might Also Like :


2 cuapan:

Emitron Advertising mengatakan...

Semoga sukses selalu.....!

Ujibour mengatakan...

Terima kasih...

Posting Komentar