Senin, 11 Juli 2011

Fisika Membantah Mitos Baseball


9:26:00 PM | , , ,

Malam JEBLOGERS!!!

Para peneliti berhasil mematahkan mitos bahwa pemukul baseball yang di dalamnya menggunakan bahan ringan, seperti gabus, dapat membantu pemain memukul bola lebih jauh ketimbang pemukul kayu biasa. Peneliti dari Sports Science Laboratory mendapati bahwa hubungan fisik kedua benda tersebut tidak elastis.

Selama pengujian, mereka menemukan bahwa koefisien restitusi (COR), alias perbandingan kecepatan benda sebelum dan setelah tumbukan bola dan pemukul baseball, tetap sama. Itu berarti pertukaran energi di antara kedua benda tersebut hampir sama. Dengan kata lain elastisitas kedua benda tersebut relatif sama sehingga tidak bisa menghasilkan pukulan yang lebih jauh.

Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan pemahaman terhadap alasan mengapa para pemain baseball menggunakan pemukul berinti gabus. Pasalnya, pemukul berinti gabus lebih ringan sehingga memungkinkan pemain untuk mengayunkannya lebih cepat yang dapat menghasilkan kontak lebih baik dengan bola.

Tim ilmuwan itu juga membandingkan bola baseball dari tahun 70-an dengan bola dari tahun 2004 yang diklaim mempunyai rancangan yang lebih elastis. Namun ternyata, tim hanya menemukan perbedaan COR yang kecil di antara kedua bola tersebut.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar