Sabtu, 25 Juni 2011

Robot Pemantau Bahaya dari Yogya


12:00:00 PM | , ,

Siang JEBLOGERS!!!


Muhamad Yusvin Mustar, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) membuat robot untuk melakukan pemantauan langsung di tempat yang diduga berbahaya. 

Salah satu tempat berbahaya yang dicontohkan Yusvin adalah bangunan yang diduga nyaris roboh. Pengendali melihat situasi di layar komputer berdasarkan tangkapan kamera pada robot. "Robot dikendalikan dari jarak jauh sehingga orang tetap bisa memantau keadaan apakah bangunan di dalamnya cukup aman untuk dimasuki atau tidak," kata Yusvin di Kampus Terpadu UMY, Kamis (23/6). Robot juga berfungsi untuk mengetahui benda-benda berpotensi bahaya di dalam ruangan, seperti bom.

Robot dapat beroperasi di dalam atau luar ruangan. Sensor tabrak yang berada pada bagian depan, belakang, membuat pengendali mengetahui posisi rintangan. "Sensor dalam remote control akan menyala sehingga kita dapat mengetahui kondisi robot pada saat mendapat rintangan," katanya.

Seluruh fungsi robot ini dapat berjalan optimal jika dikendalikan dari jarak 1-11 meter. Jarak itu bertambah ketika sistem penggerak kamera dan sensor tabrak dinonaktifkan.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar