Sabtu, 18 Juni 2011

Indra Keenam Ikan Gergaji


12:43:00 PM | , , ,

Sore JEBLOGERS!!!

Ikan gergaji menggunakan indra keenam untuk berburu dan memotong mangsanya. Hal tersebut baru diketahui oleh peneliti baru-baru ini.

"Gergaji" yang ada di moncong ikan tersebut memiliki pori-pori yang terkumpul di sebelah atas. Fungsinya, mendeteksi gerakan atau medan listrik yang dikeluarkan oleh mangsa yang melintas. Sensor itu bertindak seperti "sentuhan jarak jauh," demikian dikatakan oleh Barbara Wueringer, ahli biologi saraf sensor dari University of Queensland di Australia. "Kemampuan ini sangat membantu saat berburu di air keruh," lanjut Wueringer.

Studi juga menyimpulkan bahwa gergaji yang merupakan perpanjangan tulang rawan tersebut juga berfungsi sebagai senjata. "Sabetan bagian sisi dapat memotong ikan-ikan kecil," jelas Wueringer setelah melakukan pengamatan terhadap ikan yang bisa tumbuh hingga memiliki panjang 5 meter tersebut di laboratorium.

Wueringer mengakui bahwa belum banyak hal yang diketahui terkait dengan ikan gergaji. Temuan ini diharapkan bisa membantu para pemerhati satwa untuk mempelajari ikan gergaji lebih jauh. "Agar mampu melindungi hewan, kita harus tahu tentang mereka sebanyak mungkin," tegas Wueringer.

Secara umum, populasi ikan gergaji turun jauh dalam beberapa tahun terakhir akibat penangkapan berlebihan, baik penangkapan tak sengaja maupun penangkapan secara sengaja. Menurut International Union for Conservation of Nature, gergaji pada ikan ini ternyata membuatnya mudah tersangkut pada jala nelayan.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar