Selasa, 22 Maret 2011

Kalteng akan Bangun 300 Pembangkit dari Angin


7:03:00 PM | ,

Malam JEBLOGERS!!!


Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berencana membangun 300 pembangkit listrik tenaga angin selama 2011. Pembangkit-pembangkit itu tersebar di Kabupaten Barito Selatan dan Gunung Mas, terutama pada daerah hulu.

Tomas Sembiring, Kepala Bidang Listrik dan Pemanfaatan Energi Dinas Pertambangan dan Energi Kalteng di Palangkaraya, Senin (21/3/2011), mengatakan, hingga akhir tahun 2010, terdapat 17.000 pembangkit listrik dari energi terbarukan di Kalteng yang ditempatkan setidaknya di 200 desa.

"Daerah hulu menjadi fokus pada tahun ini khususnya untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) karena di sana, akses terhadap jaringan PLN sulit," katanya. Selain itu, tidak ada potensi energi mikrohidro serta angin. Daya setiap pembangkit yang dibangun rata-rata sebesar 50 watt.

"Kami juga telah membangun satu unit pembangkit listrik tenaga angin dan sedang diuji coba. Proyek percontohan itu masih dikaji kelemahan dan kelebihannya," ujarnya. Berdasarkan survei, kecepatan angin yang menggerakkan pembangkit di Kabupaten Sukamara itu berkisar tiga hingga lima meter per detik.

"Survei itu sudah dilakukan sepekan ini. Sementara catatan angin yang harus diketahui minimal enam bulan. Pembangkit itu memiliki daya sekitar 10 kilowatt," katanya.

Di Kalteng, terdapat tujuh kabupaten yang berpotensi memanfaatkan pembangkit listrik tenaga angin karena memiliki wilayah pantai. Kabupaten-kabupaten itu yakni Kapuas, Katingan, Sukamara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Seruyan, dan Pulang Pisau.
 
ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar