Kamis, 10 Februari 2011

Lensa Kontak Untuk Penderita Diabetes


11:17:00 PM | ,

Malam JEBLOGERS!!!

Babak Parviz adalah ahli nanoteknonologi yang mewujudkan sebuah lensa kontak dengan konsep sangat futuristik. Inovasi peneliti asal Universitas Washington ini merupakan suatu prototipi lensa kontak elektronik atau e-lens.

Di samping manfaat peningkatan penglihatan visual, keuntungan lainnya ialah berfungsi sebagai indikator kesehatan. Lensa kontak ini terutama menyasar para penderita diabetes, karena lensa dapat untuk memonitor kandungan gula glukosa dalam darah. Kemudian lensa kontak akan tersambung (secara nirkabel) dengan alat pengukur kadar diabetes portabel yang bisa diselipkan di saku.

Dibandingkan dengan lensa kontak konvensional, e-lens menggunakan bahan dari substrat polyethylene terephthalate (PET). E-lens juga ditanami sebuah elektroda mini, lampu LED, serta chip dengan transmiter frekuensi radio. Semua komponen mikro tersebut sudah dipastikan tidak berbahaya saat lensa dikenakan.

"Lensa ini pada dasarnya tidak terlalu kompleks untuk digunakan," kata Parviz dalam tulisan penjabaran ketika mengumumkan hasil penemuannya itu pada September 2009.

Ia mengetengahkan pula, bahwa memulai dengan produk sederhana semacam ini, mereka para peneliti meniti jalan menuju temuan yang lebih mutakhir dan canggih. Saat ini tengah akan dikembangkan juga teknologi lensa kontak yang bisa memiliki fungsi kamera.

ref:NGI



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar