Jumat, 17 Desember 2010

Saraf otak rusak, wanita ini tak punya rasa takut


4:58:00 PM | ,

Sore JEBLOGERS!!!

Seorang wanita yang berinisial SM tidak pernah memiliki rasa takut sedikit pun akan segala sesuatu yang dihadapinya. 

Sebuah studi yang dilakukan di University of Iowa terhadap SM menyatakan kalau wanita ini mengalami kerusakan fungsi Amygdala, saraf otak yang berperan penting dalam menanggapi reaksi emosi. 

Untuk mengetahui reaksi yang dimilikinya terhadap penyebab rasa takut, SM dihadapkan dengan hal-hal yang menakutkan bagi banyak orang. SM tidak memiliki rasa takut terhadap ular, laba-laba, juga tempat-tempat menyeramkan.

Pengalaman masa lalunya juga membuktikan bahwa S.M tidak pernah memiliki rasa takut sedikit pun selama hidupnya. Seorang pria pernah menodongkan pisau ke arahnya dan hampir membunuhnya ketika SM sedang berjalan-jalan sendirian di sebuah taman. SM tidak menunjukkan reaksi rasa takut dan tidak berusaha untuk melarikan diri. 

Dr. John Shaw, seorang professor ilmu penyakit jiwa di University of Miami School of Medicine mengatakan kepada ABC News, karena kerusakan saraf Amygdala yang dideritanya, SM hanya mampu menanggapi hal-hal yang rasional dan tidak memiliki kemampuan untuk menanggapi hal-hal fisiologis. Kondisi yang dialami S.M ini sangat jarang ditemukan. 

Tidak hanya terjadi pada manusia, kerusakan pada saraf Amygdala juga bisa terjadi pada hewan. Saraf ini berperan penting dalam otak hewan seperti monyet dan tikus untuk menghasilkan rasa takut.

referensi:http://nationalgeographic.co.id/



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar