Senin, 20 Desember 2010

Nanosksop pertama buatan Indonesia


11:18:00 AM | , ,

Hi JEBLOGERS!!!
 
Kabar hebat berikut ini datang dari peneliti Indonesia. Ternyata kita sudah berhasil mengembangkan nanoskop sendiri. Mau tau kabarnya? Mari simak...
 

Dr. Ratno Nuryadi, salah seorang peneliti bidang teknologi material di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil mengembangkan mikroskop berteknologi nano yang disebut nanoskop.

"Ini merupakan nanoskop pertama yang diciptakan di Indonesia. Menggunakan mayoritas bahan-bahan dalam negeri sehingga biaya pembuatannya bisa ditekan," ujar Ratno yang akhirnya menerima penghargaan Achmad Bakrie untuk kategori Peneliti Muda serta berbagai penghargaan lain di sepanjang tahun 2010.

Nanoskop punya dua bagian pokok: lengan (cantilever) yang terbuat dari silikon bersifat lentur, serta jarum kecil (probe) berbentuk lancip pada ujungnya. Jarum akan menyisir struktur nano kemudian melakukan pemindaian. Detektor mengirim sinyal untuk menampilkannya di layar komputer. 

Jarum tak menyentuh permukaan objek nano tersebut untuk menghindari kerusakan jarum. Ketika jarum dan objek berdekatan, terjadilah interaksi gaya atom di antara keduanya.

Mekanisme pemindaian nanoskop ini kurang lebih sama gambarannya seperti pemindaian alat scanner atau mesin fotokopi biasa.

Nanoskop juga tak hanya berfungsi untuk melihat struktur nano, melainkan dapat mengukur sifat kimia, sifat magnet, serta sifat fisika lain yang ada dengan ketajaman resolusi memadai.

Menurut Ratno lagi, mikroskop rancangannya itu secara prinsip sudah bekerja secara normal, tapi masih perlu dioptimalkan agar penampilannya lebih baik.

Penerapan teknologi nano kini memasuki generasi ketiga. Riset akan diteruskan, menuju generasi keempat.
 
referensi:http://nationalgeographic.co.id/



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar