Kamis, 30 Desember 2010

The Ark Dari Remistudio Siap Menghadapi Pemanasan Global


12:13:00 PM | , , , ,

Siang JEBLOGERS!!!

Untuk menjawab kekhawatiran mengenai perubahan iklim dan permukaan laut yang terus naik, perusahaan arsitek Rusia Remistudio sudah merancang sebuah konsep hotel luas yang tahan terhadap banjir yang ekstrim — seperti yang baru saja dialami Australia. Bangunan berbentuk busur ini dinamakan The Ark, memiliki struktur yang memampukannya untuk mengapung dan timbul secara otomatis di permukaan air. The Ark juga dirancang untuk menjadi rumah bioclimatic dengan sistem pendukung hidup mandiri, termasuk elemen-elemen yang memastikan sebuah siklus yang berfungsi dengan baik.
Konsep The Ark, yang didesain Remistudio berkaitan dengan program “Architecture for Disaster Relief” dari International Union of Architects bisa dibangun di dalam iklim yang beragam dan di dalam daerah-daerah yang berbahaya secara seismik karena ruang bawah tanahnya merupakan sebuah struktur berbentuk tempurung, tanpa tepian atau sudut. Sebuah sistem busur dan kabel yang berisi bantalan memungkinkan pembagian berat di sepanjang badan The Ark seandainya terjadi gempa. Desain cerdas bangunan ini memungkinkan hubungan yang optimal antara volume dan permukaan luarnya, secara signifikan menghemat bahan material dan menyediakan efisiensi energi. Rangka setengah jadinya juga memungkinkan konstruksi yang cepat.

The Ark itu sendiri merupakan sebuah sistem energi tunggal. Bentuknya menjadikannya nyaman untuk memasang sel-sel fotovoltaik di sudut yang optimal terhadap matahari. Kubah di bagian atasnya mengumpulkan udara hangat yang dikumpulkan di dalam akumulator panas musiman untuk menyediakan energi tanpa henti untuk seluruh kompleks tanpa tergantung kondisi lingkungan luar. Panas dari lingkungan sekitar — udara, air, tanah di luar — juga digunakan.

Menanam tumbuhan merupakan langkah selanjutnya dalam menciptakan bangunan bioclimatic dan The Ark penuh dengan tumbuhan. Ruang dalam yang berlangit tinggi dan diterangi cahaya menciptakan tempat yang tepat untuk menanam tumbuhan. Sinar matahari dalam jumlah yang cukup menembus melalui atap yang transparan untuk menerangi ruang dalam. Balkon-balkon yang berjenjang berfungsi sebagai area bersosialisasi dan rekreasi dan The Ark memiliki ruang terbuka yang bisa diubah fungsinya.

Ini beberapa screenviewnya:















referensi:http://maniatekno.com/



You Might Also Like :


3 cuapan:

WONG SIKAMPUH ngoceh mengatakan...

Wah unik bgt bentuk gedung nya ya sob

Ujibour mengatakan...

Selain itu juga ramah lingkungan dan bisa ditempatkan di berbagai macam iklim...

Annisa' Corp mengatakan...

ajarin bikin blog yang cantik akh..

gag tau carana...
>_<

Posting Komentar