Minggu, 07 November 2010

Tanaman serap polusi lebih banyak dari perkiraan


7:17:00 AM | ,

Pohon ternyata memiliki kemampuan menyerap polutan di udara lebih banyak daripada perkiraan. Demikian hasil penelitian kolaborasi antara ahli genetika tumbuhan dan ilmuwan yang mempelajari udara. Hasil penelitian ini akan dilaporkan pada Science Express edisi 21 Oktober.

Untuk melakukan penelitian ini, Thomas Karl dari National Center for Atmospheric Research, Amerika Serikat, meletakkan suatu alat berukuran mesin cuci di beberapa hutan terpencil di seluruh dunia. "Tujuan kami menganalisis udara di tempat terpencil adalah untuk mendapatkan gambaran yang benar-benar natural," kata Karl.

Penelitian itu mengungkapkan kalau tanaman yang secara berkala memperbarui daunnya menyerap sepertiga polutan, yang sudah tercampur dengan oksigen, lebih banyak. Polutan tersebut biasanya dihasilkan oleh hasil pembakaran.

Hasil penelitian ini berguna untuk mengetahui berbagai isu lingkungan di seluruh dunia. Hasil ini juga bisa dipakai untuk membangun model sistem Bumi yang berkaitan dengan pemanasan global. "Bisa juga dipakai sebagai model untuk membersihkan udara kota," kata Chhandak Basu dari University of Northen Colorado, Amerika Serikat, kepada Discovery News.

sumber:http://nationalgeographic.co.id



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar