Senin, 29 November 2010

Indonesia jadi pusat kegiatan ASEAN pada 2011


7:00:00 PM | ,

Dengan terpilihnya Indonesia sebagai Chairman of ASEAN 2011, kegiatan perkumpulan negara-negara Asia Tenggara tersebut akan berpusat di Indonesia. Hal ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan serta memeratakan kunjungan wisatawan ke seluruh Indonesia.

Hal ini dijelaskan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik saat menerima 8 Komite Wakil Tetap ASEAN (CPR) atau disebut Duta Besar ASEAN di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (18/11).

ASEAN telah memiliki beberapa agenda yang akan digelar sepanjang 2011 di Indonesia. Di antaranya ada MICE (Meeting Incentive Convention & Exhibition) yang akan digelar sepanjang tahun 2011. Pada April 2011 akan ada konferensi tingkat tinggi ASEAN di Jakarta dan pada Oktober di Bali, bakal digelar pertemuan East Asia atau ASEAN plus. Selain itu, akan ada 23 pertemuan tingkat menteri dan 97 tingkat Senior Official Meeting (setingkat direktur jenderal).

Acara-acara tersebut, seperti dijelaskan Jero Wacik, akan digunakan untuk pariwisata Indonesia. Penyelenggaraan event tersebut akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia untuk memeratakan tingkat kunjungan wisatawan. Demikian jelas Jero Wacik.

Menbudpar secara khusus meminta kepada pemerintah daerah di beberapa kota yang dianggap telah siap untuk menyambut kegiatan-kegiatan tersebut. "Kami sudah sepakat untuk menyebar pelaksanaan event-event tersebut ke seluruh kota-kota yang telah siap," katanya.

Sementara itu, Ngurah Swajaya, Wakil Tetap RI yang akan menjadi Chairman ASEAN 2011, mengatakan, jumlah pertemuan ASEAN terus meningkat setiap tahun. "Sebelum ada piagam ASEAN tahun 2008, jumlah pertemuan sekitar 40. Setelah piagam ASEAN jumlahnya meningkat menjadi 450 dan sampai akhir 2010 sudah ada 460 pertemuan," katanya.

sumber:http://nationalgeographic.co.id



You Might Also Like :


0 cuapan:

Posting Komentar