Senin, 25 Oktober 2010

Plastik ramah lingkungan dari kotoran


4:21:00 PM |


Micromidas, sebuah perusahaan dari Sacramento, Amerika Serikat, mengembangkan teknologi untuk membuat plastik yang bisa diurai. Mengejutkan karena plastik itu dibuat dari kotoran. Tapi tenang, saja. Plastik itu tidak memiliki bau.

John Bissel, CEO Micromidas, menganggap plastik dan limbah dari fasilitas pembuangan air merupakan masalah besar. Pada tahun 2008, begitu lulus dari UC Davies, Bissell dan teman-temannya membuat perusahaan yang bertujuan mengembangkan teknologi untuk memecahkan masalah tersebut.

Fasilitas pembuangan air pada umumnya memisahkan cairan dan benda padat dalam sebuah tanki besar, Bissel menjelaskan. Kotoran yang tersisa biasanya dibakar atau dikirim ke pertanian untuk mengembangkan tanaman non-makanan. "Bukan cara yang hebat," kata Bissell.

Micromida mengambil limbah itu dan memanfaatkan 50 hingga 70 persen untuk membuat plastik dengan bantuan suatu mikroba khusus. Mikroba itu mengonsumsi limbah sehingga mereka menjadi gendut karena lemak. Lemak itu berubah menjadi semacam poliester. Ketika serangga mati, poliester diekstrak dari tubuh mereka.

Poliester merupakan bagian dari keluarga plastik yang disebut dengan polyhydroxalkanotes atau PHA. Plastik itu, seperti dijelaskan Bissel kepada Discovery News, bisa diurai dan tidak berbahaya bagi manusia. "Tidak ada batas bahaya yang mematikan," tegas Bissell. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurai plastik ini adalah satu setengah tahun, Bissell menambah penjelasan.

Saat ini, plastik buatan Micromidas masih dalam tahap awal. Kapasitas produksi mereka hanya beberapa kilogram saja per hari. Beberapa industri, seperti disebutkan Micromidas, sudah siap bekerja sama mengaplikasikan plastik ini. Hanya saja, para pelaku industri itu belum dapat disebutkan.

sumber:http://nationalgeographic.co.id/



You Might Also Like :


6 cuapan:

syahida mengatakan...

wah semakin canggih aja .. dengan plastik yang ramah lingkungan, semoga lingkungan hidup manusia ini akan tetap terjaga

Ujibour mengatakan...

Aamiin... Lingkungan terjaga, kitapun bahagia... ^_^'

Nyayu Amibae mengatakan...

mantaf!!! di indonesia bagaimana sob?

DenBaGas mengatakan...

Salam
Menyapa kawan dihari Sumpah Pemuda…
Mohon berpartisipasi dan dukungannya kawan…

Salam Kawan

Ujibour mengatakan...

@Nyayu: mudah - mudahan Indonesia nggak ketinggalan... ^_^'

Ujibour mengatakan...

@DenBagas: Makasi banyak... Mudah - mudahan kita bisa saling mendukung... Salam balik...

Posting Komentar