Jumat, 22 Oktober 2010

Lupakan sejenak Pantai KUTA, SANUR, ataupun NUSA DUA, Lihat 3 PANTAI BALI INI


4:29:00 PM | ,

Lupakan sejenak Pantai Kuta, Sanur, ataupun Nusa Dua ketika Anda berlibur ke Bali. Masih banyak pantai indah di Bali selain tiga pantai yang selalu dipadati turis tersebut. Kini saatnya Anda menikmati pantai-pantai “lain” di Bali. Cobalah berkunjung ke tiga pantai cantik di pesisir selatan Pulau Bali ini : Pantai Green Bowl, Pantai Karma Kandara, dan Pantai Nyang Nyang. Ketiga pantai yang berada di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali ini, menawarkan sesuatu yang berbeda, dengan suasana sepi dan alami, yang akan membuat liburan Anda lebih berkesan dan eksklusif. karena Tiga pantai terindah di Bali ini memiliki karakteristik yang sama, yaitu : letaknya tersembunyi di balik tebing, berpasir putih bersih dengan air laut sebening kristal berwarna hijau kebiruan, dan belum diketahui banyak turis. Untuk mencapai bibir pantainya, Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam. Anda tidak akan menemukan ketiga pantai ini di buku petunjuk (guide book) ataupun paket perjalanan manapun. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pantai-pantai ini letaknya tidak jauh dari Denpasar ataupun Kuta. Ketiganya berada di Semenanjung Bukit (The Bukit), di antara Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana dan Pura Uluwatu sehingga Anda bisa mengunjungi tiga pantai cantik nan eksotis ini dalam sehari.

Pantai Green Bowl
Pantai indah pertama yang bisa Anda kunjungi di Semenanjung Bukit adalah Pantai Green Bowl. Pantai cantik ini memiliki tiga nama yang semuanya dari Bahasa Inggris, yaitu Pantai Green Bowl, Pantai Bali Cliff, dan Hidden Beach. Tentunya ada alasan tersendiri dibalik pemberian tiga nama tersebut. Dinamakan Pantai Green Bowl, karena dulu ada perusahaan yang bernama PT. Green Bowl yang akan membangun hotel (resort) di dekat pantai ini. Sedangkan nama Pantai Bali Cliff diberikan karena dulunya ada sebuah hotel bernama Bali Cliff (yang sekarang sudah tutup), yang berada di bibir tebing di atas pantai ini. Nama terakhir, Hidden Beach, diberikan karena letak pantai ini yang benar-benar tersembunyi di balik tebing. Dari tiga nama tersebut, yang paling populer adalah Green Bowl, terutama di kalangan turis asing dan peselancar (surfer). Saya juga senang dengan nama tersebut, karena selain terdengar indah juga lebih komersil. 



Pantai Karma Kandara
Dari Pantai Green Bowl, lanjutkan perjalanan Anda menuju Pantai Karma Kandara. Arahkan kendaraan Anda kembali ke Jalan Raya Uluwatu, sampai tiba di perempatan jalan. Dari perempatan jalan tersebut, Anda tinggal belok kiri sampai tiba di pertigaan yang sedikit menikung. Dari pertigaan di Desa Ungasan (sekitar 500 meter dari perempatan) tersebut, ada tulisan Karma Kandara dan Di Mare di sebelah kiri jalan. Beloklah ke kiri dan ikuti terus jalan tersebut. Perhatikan penunjuk arah yang bertuliskan Karma Kandara dan Di Mare. Selanjutnya Anda akan melewati dua pertigaan lagi. Di pertigaan pertama (ada tulisan Karma Kandara juga), Anda belok ke kanan. Di pertigaan kedua (ada tulisan Nammos Beach Club, Karma Kandara dan Di Mare), Anda belok ke kiri, menuju Di Mare dan Nammos Beach Club. Di Mare adalah nama Restoran Italia di Hotel Karma Kandara sedangkan Nammos Beach Club adalah restoran/bar di pinggir Pantai Karma Kandara. Jangan belok ke kanan, karena jalan yang ke kanan menuju Hotel Karma Kandara. Sebagai informasi, pintu masuk Hotel Karma Kandara dan Restoran Di Mare adalah berbeda dan letaknya sangat berjauhan. Setelah berjalan sekitar 900 meter, sampailah Anda di Restoran Di Mare. Parkirlah kendaraan Anda di tempat parkir, di depan pintu masuk restoran atau di depan pura. Dari sana laut sudah kelihatan.
air laut yang bening dengan gradasi warna hijau kebiruan, sejak tadi telah memanggil-manggil saya untuk bermain dengannya. Tanpa membuang-buang waktu, saya pun langsung mengenakan masker dan snorkel yang saya bawa dari rumah, untuk ber-snorkeling. Snorkeling di Pantai Karma Kandara sangat menyenangkan. Pantainya tenang dan dangkal, airnya bening, terumbu karang dan ikannya pun cukup beragam. Namun, Anda harus membawa peralatan snorkeling sendiri. Karena di sana tidak ada tempat penyewaan alat snorkeling. Kecuali bila Anda menginap di Hotel Karma Kandara, Anda bisa menyewanya dari pihak hotel.








Pantai Nyang-Nyang
Pantai terakhir yang bisa Anda kunjungi di pesisir selatan Pulau Bali adalah Pantai Nyang-Nyang. Pantai ini juga berada tidak jauh dari Jalan Raya Uluwatu, tepatnya sekitar 1 km sebelum Pura Uluwatu. Setelah melewati gerbang Hotel Puri Bali Nyang-Nyang dan SD Negeri 03 Jimbaran, Anda akan melihat pertigaan dengan jalan tanah dilengkapi penunjuk arah bertuliskan Nyang-Nyang Surfing Beach (tulisannya sudah agak kusam dan tidak begitu jelas) di kiri jalan. Beloklah ke kiri dan ikuti jalan tanah berbatu kapur tersebut sampai habis, dan Anda pun tiba di tempat parkir Pantai Nyang-Nyang. Dari tempat parkir tersebut, Pantai Nyang-Nyang sudah kelihatan membentang luas jauh di bawah tebing. Perjalanan selanjutnya adalah menuruni ratusan anak tangga untuk mencapai bibir pantai.
Pantai Nyang-Nyang, sedikit berbeda dibandingkan kedua pantai di atas. Meski sama-sama berada di bawah tebing, hamparan pasir putih pantai ini sudah terlihat jelas dari atas tebing, tidak seperti Pantai Green Bowl dan Karma Kandara yang tersembunyi. Tebing di pantai ini juga lebih tinggi dan jumlah anak tangganya pun lebih banyak sehingga lebih menguras tenaga. Selain itu, jalan masuk menuju pantai ini sangat buruk, yaitu jalan tanah berbatu kapur yang tidak rata (jalan off road), berbeda dengan jalan menuju Pantai Green Bowl dan Karma Kandara yang sudah beraspal mulus. Sebaiknya Anda berkunjung ke Pantai Nyang-Nyang pada saat musim kemarau dan membawa kendaraan berbadan tinggi karena jalan menuju pantai ini berupa jalan tanah dengan batu kapur yang besar-besar dan tidak rata. Di musim hujan, jalan sangat licin dan bisa membuat slip kendaraan Anda.






You Might Also Like :


3 cuapan:

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

boleh boleh... banyak kok daerah yang di explore lebih lanjug... :)

AuL OwL mengatakan...

Mari jelajahi keindahan Indonesia...

Ujibour mengatakan...

@Secangkir teh dan sekerat roti:

Memang bumi kita mempunyai potensi keindahan alam yang luar biasa, yang perlu hanyalah pengembangan saja.. ^_^'

Posting Komentar