Rabu, 23 Juni 2010

Taman Wisata Kandi


6:54:00 PM | , ,

Senja JEBLOGERS tercinta luar biasa...!!!

Waduuhhh nih badan kerasa capek banget,,, Iya nih kemaren abis jalan - jalan kelas alias pepisahan kelas. Sekarang kan UJIB udah kelas 2 SMA mau naik kelas 3, do'ain aja Insyaallah. Jadi buat mempererat jalinan sillaturrahim, kita ngadain jalan - jalan kelas. Nah yang jadi tujuan wisatanya adalah daerah Sawahlunto sama Bukittinggi.

Apasih yang ada di Sawahlunto???

Sebenernya banyak sekali objek wisata yang terdapat di daerah Sawahlunto. Ada waterboom , ada taman rekreasi, ada Museum dll. Manajemen yang bagus dan baik dari pemerintah dalam mengembangkan objek wisatanya patut kita acungi jempol. Lepas dari pemasukkan utama daerah tambang batu bara yang sekarang sudah habis, pemerintah Sawahlunto sekarang ini gencar mengembangkan proyek pariwisatanya.

Berhubungan UJIB dkk jalan - jalan ke Sawahlunto, Kami memilih tempat wisata Taman Satwa Kandi. Walaupun jaraknya agak jauh. Namun semuanya akan terobati dengan apa yang disuguhkan disana.

Tak hanya sekedar kebun binatang semata, kita juga aka dimanjakan dengan objek wisata air dan permainan Outbound. Beberapa objek yang bisa dibuat having fun antara lain, bebek air kayuhan, bola air, motor boat, Pain ball, lintasan danau, tembak sasaran, dan masih banyak lagi lah. Disini kita emang bakal dibikin bener bener having fun deh. Gimana enggak, walaupun awalnya terlihat agak gersang tapi setelah dicoba semuanya enak dan asyik.

Nama memang hanyalah sebuah nama, tapi apa yang ada dibalik sebuah nama kadangkala berbeda dengan apa yang terjadi pada realita sebenarnya (Insert investigasi mode ON). Ya, nama objek wisata Taman Satwa Kandi tapi yang anehnya kok lebih banyak objek permainannya daripada satwanya ya??? (jadi bingung sendiri...)

Emang banyak banget permainan yang disuguhkan, banyak kesenangan tersendiri yang akan kita dapatkan dari setiap permainan. Kalo buat yang cowok, yang bakal jadi permainan paling seru adalah permainan Pain ball atau Point Blank. Bener - bener asik tuh JEBLOGERS. Serasa main PB beneran. Buat yang cewek mungkin bisa main bebek air atau bola air.

Ya udah daripada berlama - lama dalam kebingungan langsung aja kita review keadaan di Objek Wisata Taman Satwa Kandi... Kemon Cikidot!!!


Berdasarkan kutipan dari situs resminya, "Taman Satwa Kandi adalah sebuah obyek wisata yang unik karena pengunjung yang datang di tempat ini bisa menikmati 2 obyek menarik sekaligus. Selain bisa melihat koleksi satwa kebun binatang, di tempat tersebut terdapat juga sebuah danau yang bernama Danau Tandike.
Taman Satwa Kandi diresmikan pada tanggal 1 Desember 2006 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata saat itu, yaitu Ir.Jero Wacik,SE. Sementara ini, Taman Satwa Kandi menempati areal sekitar 5 Ha. Berlokasi di bekas penambangan batubara yang luas keseluruhannya lebih kurang 400 Ha. Berada di dalam lingkungan Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, Sumatera Barat."

Koleksi satwa yang ada di Taman Satwa Kandi sekarang ini telah mencapai 108 ekor diantaranya seperti Gajah Sumatera, Unta, Beruang, Kangguru dan lain-lain.

Untuk satwa yang ada selain yang ada di Galeri Foto pribadi UJIB tadi, ini dia daftarnya yang UJIB kutip langsung dari situs resminya Taman Satwa Kandi"

Daftar Koleksi Satwa di Taman Satwa Kandi


No.Jenis SatwaDidatangkan dari:Jumlah
1.Gajah SumateraDuri, Riau4
2.BuayaSumatera Barat3
3.Unta Punuk SatuYogyakarta1
4.Rusa JawaYogyakarta10
5.KangguruYogyakarta3
6.LandakSumatera Barat1
7.Ular Sanca BodoSumatera Barat2
8.Kura-KuraSumatera Barat8
9.BeruangSumatera Barat3
10.Kakatua Jambul KuningSumatera Barat2
11.Kakatua SeramSumatera Barat2
12.KukangSumatera Barat3
13.Tupai Tiga WarnaSumatera Barat1
14.KelinciSumatera Barat19
15.TapirSumatera Barat1
16.KudaSumatera Barat6
17.Burung ParkitSumatera Barat1
18.Burung Ring NeckSumatera Barat1
19.Kuau EmasSumatera Barat1
20.Kuau SilverSumatera Barat1
21.Kutilang EmasSumatera Barat11
22.Ayam MutiaraSumatera Barat1
23.Ayam Hutan HijauSumatera Barat2
24.Burung Gelatik SilverSumatera Barat2
25.Burung BayanSumatera Barat3
26.Burung MerakSumatera Barat2
27.Burung Beo MentawaiSumatera Barat2
28.Ayam PolandiaSumatera Barat1
29.Burung NuriSumatera Barat3
30.Burung Green RingSumatera Barat2
31.SiamangSumatera Barat2
32.SimpaiSumatera Barat1
33.Rusa TutulSumatera Barat1
34.KancilSumatera Barat1
35.Jalak BaliSumatera Barat2
Jumlah Satwa109

Keunggulan Taman Satwa Kandi ini, selain sebagai tempat berlibur yang nyaman untuk semua anggota keluarga juga buat anak-anak sebagai sarana edukatif. Anak-anak bisa mengenal secara langsung bermacam-macam jenis satwa langka. Bahkan beberapa satwa yang telah jinak dan terlatih, dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung. Pengunjung bisa menaiki satwa-satwa tersebut, sebagai contohnya Gajah, Unta,maupun Kuda dengan harga yang relatif terjangkau.

Tahun 2010 ini telah direncanakan untuk menambah beberapa satwa yang dilindungi seperti Harimau, Singa dan Urang Utan. Tentu saja hal tersebut akan semakin melengkapi koleksi satwa yang telah ada dan makin membuat obyek wisata kandi akan sayang apabila dilewatkan dalam daftar obyek wisata yang harus dikunjungi."

Emang bener - bener terjangkau JEBLOGERS, buat tarif masuk aja cuma 3000 rupiah. Trus buat permainan yang ada mulai dari 10000 rupuah sampai dengan 25000 rupiah. Dimana coba kita bakal ngedapetin hal beginian selain disini.

Bagi yang pengen ngisi liburan yang super keren dan asik, let's go to Taman Satwa Kandi, Sawahlunto, Sumatera Barat. Chaw,,, Good Luck!!!



You Might Also Like :


3 cuapan:

pakies mengatakan...

menikmati pict yang menarik, jadi pingin ke Sawah Lunto

Ujibour mengatakan...

Hehehe,,, silahkan...!!! Banyak pemandangan asik dan masih fresh disana. Di danau tandike kita bisa main bola air, main motor boat, keliling danau pakai speedboat, trus main bebek air. Ada juga paint ball, permainan strategi perang pakai peluru tiruan, nggak terlalu menyakitkan tapi bisa bikin luka. Coba deh,,, dijamin super seru...

ridho zulandra mengatakan...

ada jg banana boat, perahu naga, sepeda air, flying fox, n gokar..

Posting Komentar